test

Kesehatan

Kamis, 13 Januari 2022 10:05 WIB

5 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Suntik Vaksin Booster

Editor: Hadi Ismanto

Vaksin mampu mengurangi tingkat keparahan Covid-19. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Pemerintah telah melaksanakan pemberian vaksin dosis ketiga atau booster sejak 12 Januari 2022. Penyuntikan vaksin lanjutan ini akan memperkuat antibodi untuk melawan virus Covid-19.

Adapun syarat penerima vaksin booster adalah mereka berusia 18 tahun ke atas, tinggal di kabupaten/kota yang telah mencapai vaksinasi dosis kedua 60 persen, dan sudah mendapatkan vaksin dosis kedua minimal 6 bulan.

Seperti dilansir dari laman Time Of India, Kamis (13/1/2022), berikut beberapa hal yang harus Anda dipersiapkan sebelum menerima vaksin booster.

1. Jangan Minum Minuman Beralkohol
Mengonsumsi minuman beralkohol disebut bisa mengurangi kemampuan kerja vaksin dalam beberapa minggu pertama setelah penyuntikan. Pasalnya, alkohol dapat mengganggu kerja imun sehingga tubuh akan kesulitan melawan infeksi virus yang masuk ke tubuh.

2. Jangan Stres
Stres sangat berpengaruh lho pada kerja imun. Terlebih, stres yang berkepanjangan dapat meningkatkan produksi kortisol dan stres oksidatif pada tubuh, sekaligus menurunkan tingkat limfosit (sel darah putih) yang berfungsi mencegah infeksi.

3. Makan Makanan Sehat
Vaksin tidak bekerja secara instan. Maka itu, mengkonsumsi makanan bergizi dapat memengaruhi potensi efektivitas kerja vaksin pada tubuh. Usahakan untuk makan makanan yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral sebelum menerima suntik vaksin.

4. Tidur Cukup
Tidur cukup selama 7 hingga 8 jam disebut mampu meningkatkan kerja sistem imun. Menurut studi dari International Journal of Behavioral Medicine, pada orang-orang dengan jam tidur kurang dari 5 hingga 6 jam sehari, efektivitas vaksin menurun hingga 50 persen.

5. Berolahraga
Olahraga disebut menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan kerja sistem imun. Jadi tak ada salahnya berolahraga beberapa waktu sebelum menerima suntik vaksin.

BERITA TERKAIT