test

News

Selasa, 11 Januari 2022 13:20 WIB

Mayoritas Pasien Omicron Bergejala Ringan, Menkes: Cukup Telemedicine

Editor: Ferro Maulana

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News/Instagram).

PMJ NEWS - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan mayoritas pasien terkonfirmasi Omicron mempunyai gejala ringan serta tidak bergejala.

Karena itu, pasien konfirmasi Omicron tidak membutuhkan perawatan yang serius di rumah sakit.

Lebih jauh, dirinya pasien hanya perlu menjalani isolasi mandiri di rumah dengan diberikan suplemen vitamin maupun obat terapi tambahan yang sudah diizinkan penggunaannya oleh pemerintah.

“Kenaikan transmisi Omicron akan jauh lebih tinggi daripada Delta. Tetapi yang dirawat lebih sedikit,” ucap Budi dalam siaran pers tertulisnya, hari ini Selasa (11/1/2022).

“Sehingga strategi layanan dari Kemenkes dari yang sebelumnya ke RS saat ini fokusnya ke rumah. Hal itu disebabkan, akan banyak yang terinfeksi namun tidak perlu ke RS,” jelasnya menambahkan.

Untuk itu, Kemenkes bekerjasama dengan 17 platform telemedicine untuk memberikan jasa konsultasi dokter dan jasa pengiriman obat secara gratis bagi pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah untuk mempercepat proses kesembuhan.

Adapun platform tersebut yaitu Alodokter, Getwell, Good Doctor, Grabhealth, Halodoc, KlikDokter, KlinikGo, Link Sehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, YesDok, Aido Health, Homecare24, Lekasehat, mDoc, Trustmedis, dan Vascular.

Kemenkes juga akan melakukan penyesuaian dengan merekomendasikan perubahan peraturan penatalaksanaan pasien Covid-19 termasuk menyertakan penggunaan obat Monulpiravir dan Plaxlovid untuk terapi pasien Covid-19 gejala ringan.

BERITA TERKAIT