test

News

Selasa, 4 Januari 2022 14:05 WIB

Kemenkes Buka Opsi Pemberian Booster Covid-19 Setengah Dosis

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Seorang warga tengah mendapatkan vaksinasi di Gerai Vaksin Presisi Polda Metro Jaya. (Foto: PMJ News/Polri TV).

PMJ NEWS - Indonesia berencana untuk menerapkan pemberian setengah dosis atau half dose pada suntikan ketiga vaksinasi (booster) Covid-19. Rencana tersebut diungkap Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

Menurut Budi, rencana itu muncul usai Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengeluarkan izin penerapan setengah dosis vaksin.

Nantinya, pemberian setengah dosis ini hanya berlaku untuk vaksin Pfizer dan Moderna. Mengingat kedua vaksin tersebut memiliki dosis yang lebih keras.

"CDC dan FDA Amerika Serikat telah mengeluarkan kebijakan terkait dengan kebijakan Moderna yang hanya half dose karena memang ada isunya Moderna memiliki KIPI," kata Budi dalam keterangannya, Selasa (4/1/2022).

Budi menjelaskan, saat ini Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) tengah melakukan riset terkait kebijakan pemberian setengah dosis vaksin tersebut.

"Mudah-mudahan bisa selesai sebelum tanggal 10 Januari," terangnya.

Jika hasil ITAGI menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kemanjuran antara pemberian satu dosis penuh atau setengah dosis, maka Indonesia akan menerapkan pemberian setengah dosis.

Dengan begitu, Indonesia juga bisa mengamankan stok vaksin booster di Indonesia, yang mana saat ini hanya berjumlah 230 juta dosis.

"Tapi ini masih dalam diskusi ya, untuk selengkapnya nanti hasilnya akan keluar setelah laporan dari tim profesor profesor dari ITAGI menyampaikan hasilnya 10 Januari. Termasuk update soal vaksinasi booster juga akan diputuskan oleh bapak Presiden pada 12 Januari mendatang," pungkasnya.

BERITA TERKAIT