test

News

Senin, 27 Desember 2021 10:35 WIB

Antisipasi Kasus Omicron, Menkes: 31 Oksigen Konsentrator Sudah Dipasang

Editor: Hadi Ismanto

Menkes Budi Gunadi Sadikin saat rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI. (Foto: PMJ News/YouTube TV Parlemen).

PMJ NEWS - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menyatakan pihaknya sudah mempersiapkan rumah sakit untuk menghadapi kasus Covid-19 varian Omicron. Diketahui, hingga kini jumlahnya mencapai 46 orang.

"Baik itu tempat tidurnya, obat-obatnya, oksigennya juga sudah kita pasang cukup banyak 16 ribu lebih oksigen generator dan 31 oksigen konsentrator sudah kita pasang agar bisa mempersiapkan," ungkap Menkes Budi dalam konferensi pers secara virtual, Senin (27/12/2021).

Dia menambahkan, Kemenkes akan mendatangkan 15 mesin genome sequencing baru di awal tahun depan. Mesin itu akan disebarkan ke seluruh pulau-pulau di Indonesia agar tes dan jaringan lebih cepat.

Menkes Budi juga meminta kepada masyarakat untuk tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan. Saat ini, hal tersebut dinilai sebagai langkah tepat dalam mencegah penularan virus Omicron

Pada kesempatan yang sama, Budi pun menekankan penting mempercepat vaksinasi. Terutama untuk kalangan yang berisiko antara lain orang lanjut usia (lansia) dan orang-orang yang imunitasnya terganggu.

"Harus cepat kita vaksinasi agar mereka tidak tertular oleh Omicron," ujarnya.

Menurut Budi, 98 persen kasus Omicron adalah terjadi karena orang-orang pulang dari luar negeri. Karena itu, Budi akan memperketat karantina masuk dari luar negeri untuk mencegah penyebaran varian Omicron Covid-19.

"Kalau teman-teman tanya, wah menyulitkan, memang menyulitkan tapi hanya untuk puluhan ribu rakyat yang kita yang relatif lebih mampu yang memang kemarin jalan keluar negeri," tuturnya.

BERITA TERKAIT