test

Regional

Rabu, 15 Desember 2021 12:35 WIB

Puluhan Polwan Berikan Trauma Healing untuk Korban Bencana Semeru

Editor: Ferro Maulana

Polwan sedang menghibur anak-anak korban erupsi Gunung Semeru. (Foto: Istimewa).

PMJ NEWS - Sebanyak 85 anggota Polda Jawa Tengah diterjunkan ke lokasi terjadinya bencana erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur. Dari jumlah itu, sebanyak 36 personel itu adalah Polwan.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Muhammad Iqbal Alqudusy menjelaskan personel tersebut dikirim ke Desa Pananggal, Lumajang, Jawa Timur.

Para Polwan memberikan trauma healing kepada korban bencana Semeru khususnya wanita beserta anak-anak.

"36 Polwan untuk membantu pemulihan pasca bencana termasuk indentifikasi korban meninggal serta pemulihan trauma bagi pengungsi akibat letusan gunung Semeru," terang Iqbal dalam siaran persnya, kepada pewarta, Rabu (15/12/2021).

Iqbal melanjutkan, dalam pemberangkatan 85 personel itu diketuai oleh Kabiddokkes Polda Jateng Kombes Sumy Hastry Purwanti.

"Pemulihan stres bagi korban bencana harus cepat dilakukan agar kondisi psikologis korban tidak makin parah,” ujarnya.

“Saat ini, para korban berada dalam tingkat acute stress traumatic disorder atau gangguan stres akut akibat trauma," jelasnya.

Masih dari keterangan Iqbal, keberadaan Polwan Polda Jateng sebagai konselor pemulihan trauma di lokasi bencana tersebut sangat tepat.

Karena itu, karakter wanita yang cenderung komunikatif, mudah berempati terhadap korban terutama anak-anak dan mencerminkan sosok humanis dalam menanggapi kondisi psikologis korban.

Di samping itu, Iqbal pun berharap agar pemulihan terhadap korban akibat letusan atau erupsi Gunung Semeru dapat terlaksana dengan lancar.

BERITA TERKAIT