test

Kesehatan

Senin, 22 November 2021 10:20 WIB

Wajib Tahu, Begini Lima Cara Rumahan Atasi Diare

Editor: Hadi Ismanto

Diare sering dialami banyak orang dan mengganggu aktivitas harian. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Diare sering dialami banyak orang dan mengganggu aktivitas harian. Gangguan kesahatan ini bisa menyebabkan dehidrasi dan berbahaya bagi tubuh.

Jika Anda mengalami diare disarankan melakukan pengobatan untuk menghentikannya. Seperti dilansir dari laman Express, Senin (22/11/2021), berikut lima pengobatan rumah yang paling efektif untuk diare secara alami.

1. Penuhi Kecukupan Air
Saat Anda mengalami diare, penting bagi Anda untuk tetap terhidrasi dengan baik. Untuk orang dewasa, jika Anda memiliki minuman olahraga, ini akan membantu Anda rehidrasi.

Minuman berkafein atau alkohol harus dihindari karena dapat memperburuk diare Anda. Jika Anda memiliki anak yang menyusui, Anda harus terus menyusui atau memberi susu formula jika mereka mengalami diare.

2. Probiotik
Probiotik adalah bakteri baik di usus Anda untuk menciptakan lingkungan yang sehat. Mikroorganisme ini dapat ditemukan pada beberapa makanan, antara lain keju, cokelat hitam, kimchi, dan asinan kubis, sup kedelai Jepang, dan yogurt.

Jika Anda bisa menelan salah satu dari makanan ini, cobalah. Atau, coba tambahkan sedikit cuka sari apel ke dalam air dan minumlah. Anda juga bisa mendapatkan probiotik dalam bentuk bubuk.

3. Konsumsi Makanan Rendah Serat
Anda mungkin tidak ingin makan setelah mengalami diare, tapi beberapa makanan dapat memperbaiki gejala diare dan mencegah Anda menjadi lebih sakit karena tidak makan apa pun.

Makanan rendah serat dan rasa tawar sangat dianjurkan jika Anda mengalami diare, beberapa di antaranya pisang, beras, saus apel dan roti panggang.

4. Minum Pahit dan Soda
Jika Anda memiliki rasa pahit, coba tambahkan beberapa tetes pahit ke air soda, atau ginger ale. Ramuan yang digunakan untuk membuat pahit dianggap membantu mengatasi mual dan menenangkan perut.

5. Istirahat
Diare benar-benar dapat menghilangkannya, Anda perlu istirahat yang cukup untuk memberi tubuh Anda kesempatan untuk pulih.

Anda akan merasa lemah dan mungkin tidak makan sebanyak yang seharusnya, jadi bawalah sebotol besar air ke tempat tidur dan cobalah untuk tidur.

BERITA TERKAIT