test

News

Minggu, 31 Oktober 2021 11:04 WIB

Wapres Minta Masjid Jadi Contoh Penerapan Prokes Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin (PMJ News/Instagram @kyai_marufamin).

PMJ NEWS - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengingatkan peran penting masjid dalam upaya menanggulangi pandemi Covid-19. Salah satunya penerapan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Pernyataan tersebut disampaikan Wapres Ma'ruf Amin saat meresmikan secara virtual Masjid As-Sa'adah di Kompleks Villa Aufia, Kampung Pondok Caringin, Cisarua, Bogor, Sabtu (30/10/2021).

"Masjid juga harus menjadi contoh penerapan protokol kesehatan terutama memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dalam pelaksanaan ibadah," ungkap Ma'ruf Amin.

Dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang berdampak luas, Ma'ruf mengingatkan masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat juga memiliki fungsi sosial. Masjid diharapkan berperan mendukung upaya pemerintah dalam memulihkan dampak sosial di masyarakat.

"Selain itu, masjid harus menjadi tempat untuk saling tolong menolong dalam memulihkan ekonomi masyarakat, baik itu melalui penyaluran zakat, infaq, dan sedekah, maupun gerakan pemberdayaan ekonomi umat," ujarnya.

Ma'ruf mencontohkan bahwa Rasulullah SAW saat sampai di Kota Madinah dalam rangka hijrah juga membangun masjid. Rasulullah tidak hanya menjadikan masjid sebagai sarana ibadah ritual seperti shalat dan membaca Al-Qur’an, tetapi juga memakmurkannya.

"Yakni dengan dakwah, pendidikan, serta kegiatan sosial seperti pembagian zakat, qurban, pernikahan, diskusi masalah umat, dan lain-lain," tukasnya.

BERITA TERKAIT