test

News

Jumat, 29 Oktober 2021 17:25 WIB

Tekan Sebaran Covid-19, Satgas Imbau Masyarakat Segera Vaksin

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Yeni Lestari

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito. (Foto: PMJ News/Setpres).

PMJ NEWS -  Satgas Covid-19 mengimbau masyarakat yang belum menerima vaksin untuk segera ikut menyukseskan program vaksinasi massal. Lantaran vaksin merupakan salah satu kunci menurunkan penyebaran Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penangana Covid-19, Wiku Adisasmito menerangkan program vaksinasi dan cakupannya harus dikebut meskipun kondisi penularan Covid-19 di Indonesia sudah kondusif.

"Meski Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah tertinggi orang yang telah menerima vaksinasi minimal dosis pertam, namun, kita tetap harus meningkatkan cakupan targetnya," ujar Wiku dalam keterangannya, Jumat (29/10/2021).

Dilihat dari data Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) pertanggal 24 Oktober 2021 kemarin, capaian vaksinasi dosis 1 di Indonesia berada di angka 54,27% sementara untuk dosis kedua hanya 33,18%.

Sedangkan, untuk sebaran wilayah yang telah mencapai vaksinasi dosis ke-2 diatas 30% yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, DI Yogyakarta, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Jambi, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara.

Sementara provinsi di luar itu capaian vaksinasi dosis kedua masih kurang dari 30 persen.

Wiku pun menghimbau agar masyarakat dapat segera mendapatkan suntikan vaksin dosis penuh. Sehingga memiliki perlindungan yang maksimal dari virus Covid-19.

"Vaksinasi dosis penuh tentunya dapat meminimalisir gejala berat, sehingga saat terkonfirmasi positif tidak harus dirawat di fasilitas kesehatan (faskes)," pungkasnya.

BERITA TERKAIT