Olahraga

Selasa, 12 Oktober 2021 08:45 WIB

Apakah Lionel Messi Masih Layak Diberikan Ballon d’Or 2021?

Editor: Ferro Maulana

Lionel Messi. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Kurun waktu kurang dari dua bulan ke depan pemenang Ballon d’Or 2021 bakal diumumkan. 

Yaitu dengan semua capaian hebatnya di musim kemarin, Lionel Messi dijagokan menang oleh Fabio Cannavaro.

Messi semestinya gagal membantu Barcelona meraih trofi mayor dan cuma mampu menyumbangkan gelar Copa Del Rey pada musim 2020/2021 lalu.  

Tetapi, dalam pentas La Liga Spanyol, Barcelona kalah bersaing dengan duo Madrid, yang mana Atletico mampu keluar sebagai juara dan El Real menempati posisi runner-up.

Sementara itu, di ajang Liga Champions Eropa, Barca bahkan sudah tersingkir sejak babak 16 besar usai digilas Paris Saint Germain (PSG) dengan agregat telak 5-1. 

Yakni dengan hanya meraih trofi kasta kedua di akhir musim, walaupun mampu membawa Argentina juara Copa America 2021, namun juga peluang Messi sejatinya jauh lebih kecil jika dibandingkan Jorginho.

Ya, Jorginho menjalani musim yang begitu mengilap dengan mampu mengantarkan Chelsea keluar sebagai juara Liga Champions sekaligus mengantarkan Timnas Italia menjadi kampiun Piala Eropa.

Di samping Jorginho, Italia juga menempatkan empat wakil lainnya dalam daftar 30 nominasi peraih Ballon d’Or 2021. 

Hal tersebut tak lepas dari kiprah mereka menjuarai Piala Eropa 2020. 

Keempat pemain tersebut antara lain, Leonardo Bonucci, Gianluigi Donnarumma, Nicolo Barella dan Giorgio Chiellini.

Meski begitu, dari sisi kualitas individu, Messi masih jadi yang teratas. Sepanjang satu musim kalender kemarin, La Pulga mampu bikin 38 gol dan 14 assist hanya dalam 47 penampilan bersama Barcelona. 

Itu artinya, kontribusi El Messiah mencapai 52 gol dari total 125 gol yang dibuat El Barca musim kemarin, atau setara 41,6 persen.

Catatan golnya tersebut juga menobatkan Messi jadi satu-satunya pemain di Eropa yang mampu konsisten bikin 30 gol lebih dalam 13 musim beruntun. 

Selain itu, Messi juga pemain pertama di La Liga yang delapan kali memenangi El Pichichi atau pencetak gol terbanyak dalam satu musim kompetisi.

Tak berhenti di situ, Messi juga menobatkan dirinya sebagai pemain tertajam sepanjang sejarah sepakbola Amerika Selatan dengan total torehan 80 gol. 

Terkini, dirinya melesakkan satu gol untuk membantu Argentina menang 3-0 atas Uruguay, Senin (11/10). 

Merunut pada kesemua statistik di atas, Cannavaro pun menilai Messi masih sangat layak memenangkan Ballon d’Or meski tanpa trofi Liga Champions.

“Belum pernah ada lima pemain Italia di persaingan Ballon d’Or sejak saya memenanginya di 2006," terang Cannavaro melansir situs La Gazzetta dello Sport.

"Jadi ini pertanda bagus. Jorginho paling pantas, meski saya yakin Messi akan menang,” tambahnya. 

“Dalam hal pencapaian individu, Messi tak bisa dipungkiri masih yang terbaik," tegasnya. 

BERITA TERKAIT