test

News

Kamis, 7 Oktober 2021 08:20 WIB

Alami Kemajuan, Vaksin Nusantara Bakal Jadi Booster Bagi Masyarakat

Editor: Ferro Maulana

Vaksin Nusantara. (Foto: Dok Net/ Istimewa)

PMJ NEWS -  Vaksin Nusantara berpotensi menjadi booster bagi masyarakat Indonesia. Saat ini vaksin karya anak bangsa tersebut tengah menunggu publikasi dari hasil uji klinis tahap 2.   

Anggota Tim Vaksin Nusantara Mayor Jenderal TNI (Purn) dr Daniel Tjen Sp S menerangkan, vaksin Nusantara mengalami kemajuan. 

Terutamanya yaitu, hasil publikasi untuk tahap 2. Dia pun mengaku siap apabila vaksin ini lolos dan maju ke tahap berikutnya.   

“Vaksin Nusantara dikembangkan, dan pada saat awal kita sudah lakukan uji klinis fase 1 di Semarang," terang Daniel Tjen, dalam diskusi virtual, Rabu (6/10/2021). 

"Kemudian uji coba terbatas fase 2 sedang kita tunggu publikasinya. Bila sudah ada izin kita akan lanjutkan uji klinis fase 3,” sambungnya. 

Daniel Tjen melanjutkan, jika uji klinis tersebut berhasil, maka vaksin yang dikembangkan oleh Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto ini dapat menjadi salah satu pilihan untuk penguat vaksin Covid-19 yang aman. 

Vaksin ini juga bisa dikombinasikan dengan segala platform jenis vaksin lainnya.   

“Pendekatan platform sel dendritik ini lebih banyak mengacu pada sel T memorinya," ucapnya. 

"Jadi besar harapan kita karena sifat sel dendritik imunoterapi itu untuk memperkuat imunitas. Maka kuat digunakan untuk menjadi vaksin booster apa pun," tutupnya. 

BERITA TERKAIT