test

Suara Pilkada

Jumat, 24 September 2021 19:05 WIB

Cegah Resiko Penularan Covid-19, Satgas Kenalkan Sistem Bubble di PON Papua

Editor: Hadi Ismanto

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/BNPB).

PMJ NEWS - Satgas Penanganan Covid-19 memperkenalkan sistem bubble untuk menghindari penularan Covid-19 dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX di Papua. Sistem ini memiliki konsep penggunaan lokasi yang berkaitan.

Pernyataan tersebut disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro dalam konferensi pers virtual, Jumat (24/9/2021).

"Sistem bubble ini yakni lokasi di mana peserta, atlet, tim, official, panitia dan media melakukan aktivitas. Ini terbatas dan sudah diidentifikasi sebelumnya," ungkap Reisa.

Dua hewan khas Papua. Kangpho dan Drawa menjadi maskot PON XX Papua. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).
Dua hewan khas Papua. Kangpho dan Drawa menjadi maskot PON XX Papua. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

Dengan sistem ini, lanjut Reisa, setiap peserta tidak diperkenankan untuk melakukan kegiatan di luar rencana aktivitas yang sudah ditentukan. Kemudian, setiap peserta dalam bubble dipastikan tidak kontak langsung dengan orang di luar wilayah bubble.

"Semua perjalanan yang menggunakan transportasi juga telah disiapkan penyelenggara panitia di dalam wilayah bubble tersebut," ujar Reisa.

Reisa mengatakan, dalam perhelatan PON XX Papua berkolaborasi dengan para dokter kesehatan olahraga, akademisi, perwakilan, kementerian, lembaga terkait dalam menyusun buku rekomendasi protokol kesehatan pencegahan penularan Covid 19.

nantinya, implementasi protokol kesehatan secara disiplin dan konsisten menjadi kunci agar penyelenggaraan PON ke-XX Papua dapat berjalan aman, sehat dan bebas penularan Covid-19.

"Praktik baik ini juga sudah digunakan dalam beberapa event olahraga internasional, kesuksesan PON ke-XX sangat besar artinya bagi Indonesia," tukasnya.

BERITA TERKAIT