test

News

Jumat, 24 September 2021 15:50 WIB

Indonesia Terima Kedatangan 2 Juta Vaksin Sinovac Bantuan China

Editor: Hadi Ismanto

Kedatangan vaksin Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Indonesia kembali menerima kedatangan 2 juta dosis Vaksin CoronaVac buatan Sinovac Biotec. Vaksin Covid-19 tahap ke-75 tersebut tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (24/9/2021).

Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi mengatakan vaksin Covid-19 ini didatangkan melalui skema kerjasama bilateral dose sharing dengan pemerintah China dan juga sumbangan dari perusahaan farmasi asal Cina, Sinovac.

"Hari ini telah tiba 1 juta dosis Vaksin Sinovac bantuan pemerintah RRT dan 1 juta dosis Vaksin Sinovac bantuan perusahaan vaksin Sinovac yang diberikan secara gratis," ungkap Menlu Retno dalam jumpa pers virtual di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

Retno mengatakan, bantuan dosis vaksin dari negara lain ini merupakan komitmen antar negara melalui PBB untuk saling mempercepat vaksinasi Covid-19 secara global.

"Kerjasama adalah kunci, mesin diplomasi kita terus bekerja menjalin kerjasama dalam berbagai bentuk agar kebutuhan vaksin kita tercukupi," jelasnya.

Menurut Retno, dengan tambahan kedatangan 2 juta dosis ini maka total vaksin yang sudah didatangkan pemerintah Indonesia sebanyak 273.603.790 dosis vaksin dari berbagai merek, baik dalam vaksin jadi maupun bahan baku atau bulk.

Pada kesempatan itu, Retno juga mengajak masyarakat untuk tidak ragu untuk divaksin. "Ayo kita percepat vaksinasi dan terus jalankan protokol kesehatan," tukasnya.

BERITA TERKAIT