test

Kesehatan

Jumat, 20 Maret 2020 10:10 WIB

Benarkah Hand Sanitizer Ampuh Cegah Corona, Begini Saran Pakar

Editor: Hadi Ismanto

Menjaga kebersihan tangan merupakan cara tepat untuk mencegah virus corona (Foto: Ilustrasi/PMJ News/Hdi)

PMJ - Penyebaran virus corona terus meluas ke seluruh penjuru dunia. Menjaga kesehatan merupakan satu solusi untuk mencegah penularan COVID-19. Menbersihkan tangan dengan hand sanitizer menjadi pilihan kebanyakan orang.

Di tengah wabah ini, hand sanitizer juga menjadi salah satu produk yang diburu masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Namun terlepas dari tingginya minat masyarakat, benarkah hand sanitizer efektif untuk mencegah penularan Covid-19?

Faktanya, tidak semua hand sanitizer memiliki kemampuan untuk membunuh virus penyebab Covid-19. Merujuk pada pernyataan Centers for Disease Control and Prevention, hanya hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen yang efektif.

Seorang pakar dari Texas Amerika Serikat, El Paso Soraya Ayub Palacios menyebut anjuran utama dalam pencegahan Covid-19 bukanlah penggunaan hand sanitizer. Ia menekankan pentingnya mencuci tangan secara rutin dengan air mengalir dan sabun.

"Apa yang kami dorong kepada publik adalah kita menekankan cuci tangan," ujar Palacios, seperti dilansir laman El Paso Times, Jumat (20/3/2020).

Selain cuci tangan secara rutin dengan cara yang benar, upaya pencegahan lain yang tak kalah penting adalah melakukan social distancing atau jaga jarak sosial. Jarak yang disarankan dalam social distancing adalah enam kaki atau sekitar dua meter.

"Kami mendorong mereka untuk memiliki social distancing, berjarak 6 kaki antara satu sama lain," ucapnya.

Menjaga jarak, Palacios mengatakan tak hanya penting untuk melindungi diri sendiri tetapi juga melindungi kelompok rentan seperti lansia. Hal ini perlu dipahami oleh generasi muda yang mungkin masih menyepelekan pentingnya social distancing.

"Anda mungkin merasa baik-baik saja, tapi bukan sesuatu yang baik bila Anda berkontak dengan orang tua atau kakek-nenek yang sudah lansia," tuturnya.

Oleh karena itu, setiap orang didorong untuk melakukan jaga jarak secara tertib. Para ahli juga mengimbau agar masyarakat tidak menyentuh area wajah dengan tangan yang belum dicuci bersih.

"Cuci tangan dan jauhkan tangan dari wajah," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT