test

News

Rabu, 15 September 2021 11:50 WIB

Masuk Kategori Hitam di PeduliLindungi Tapi Berkeliaran Akan Dikarantina

Editor: Etty Kadriwaty

Penulis: Yeni Lestari

Aplikasi Peduli Lindungi. (Foto:PMJ News/doknet)

PMJ NEWS - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menanggapi pemberitaan tentang ribuan orang positif Covid-19 yang berkeliaran di luar rumah bahkan keluar masuk mal.

Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan jika ada masyarakat yang masuk kategori hitam dalam PeduliLindungi dan tidak mematuhi peraturan karantina, maka akan dikarantina di pusat isolasi terpadu milik pemerintah daerah.

"Pemerintah berkomitmen dengan kerjasama bersama satgas di fasilitas publik untuk segera merujuk orang yang terjaring, atau masuk ke kategori hitam, atau tergolong positif, atau memiliki kontak erat, untuk segera dipindahkan ke fasilitas isolasi terpusat terdekat," kata Wiku dalam konferensi pers daring yang dilansir dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Hal ini dilakukan, setelah muncul pernyataan Kementerian Kesehatan bahwa aplikasi PeduliLindungi telah mendeteksi ada 3.830 orang positif Covid-19 yang masih beraktivitas di tempat-tempat umum, seperti pusat perbelanjaan, restoran, kafe juga bandara.

"Kita bisa lihat, surprisingly tetap saja ada 3.830 orang yang masuk kategori hitam. Hitam itu artinya positif Covid, tapi masih jalan-jalan," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada Senin (13/9/2021) lalu.

Terdapat 4 warna sebagai identifikasi status keamanan berpergian pengguna, berikut artinya, dikutip dari laman pedulilindungi.id:

Hijau

Ketika pengguna sudah melakukan vaksinasi sebanyak 2 kali dan tidak sedang terinfeksi Covid-19.

Warna hijau yang muncul pada aplikasi PeduliLindungi ini menandakan bahwa orang tersebut bisa melanjutkan aktivitas di dalam ruang publik.

Kuning

Ketika pengguna sudah melakukan vaksinasi sebanyak 1 kali dan tidak sedang terinfeksi Covid-19. Jika muncul warna ini, berarti pengunjung diizinkan masuk ke dalam ruang publik.

Namun, tetap dengan menyesuaikan kebijakan dari pengelola tempat.

Merah

Ketika data vaksinasi pengguna tidak dapat ditemukan dan tidak sedang terinfeksi Covid-19.

Pengunjung yang memiliki status warna ini di aplikasi PeduliLindungi tidak diperbolehkan masuk ke tempat umum dan dianjurkan untuk segera melakukan vaksinasi.

Hitam

Ketika data vaksinasi pengguna tidak dapat ditemukan dan sedang terinfeksi Covid-19 atau kontak dengan kasus Covid selama kurang dari 14 hari.

BERITA TERKAIT