Kesehatan

Rabu, 15 September 2021 10:05 WIB

5 Cara Mudah Turunkan Asam Lambung Tanpa Obat

Editor: Hadi Ismanto

Naiknya asam lambung yang tiba-tiba naik tentu sangat mengganggu aktivitas. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Penyakit asam lambung terjadi karena naiknya asam lambung menuju esofagus atau kerongkongan. Kondisi ini terjadi pada saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung mengalami iritasi.

Naiknya asam lambung yang tiba-tiba naik tentu sangat mengganggu aktivitas, karena bisa menimbulkan nyeri pada ulu hati atau mulas pada area dada bagian bawah. Kebanyakan orang bergantung pada obat untuk meredakannya

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/9/2021), setidaknya ada lima cara menurunkan asam lambung tanpa obat yang bisa Anda coba sendiri.

1. Jangan Makan Berlebihan
Makanan masuk ke lambung melalui kerongkongan. Di ujung bawah kerongkongan tersebut, ada otot berbentuk seperti cincin yang disebut esophageal sphincter.

Otot ini berfungsi sebagai katup yang mencegah makanan atau asam di lambung tidak naik kembali ke kerongkongan. Jika terlalu banyak tekanan pada otot ini seperti saat makan berlebihan, maka fungsinya sebagai katup akan terganggu.

2. Kurangi Berat Badan
Pada orang dengan berat badan berlebih atau obesitas, otot diafragma akan mendapat tekanan sehingga otot esophageal sphincter naik, disebut juga dengan hiatus hernia.

Mengurangi berat badan atau lemak dengan berolahraga bisa jadi cara menurunkan asam lambung tanpa obat.
Kopi meningkatkan durasi naiknya asam lambung

3. Batasi Konsumsi Kopi
Bagi orang yang hampir setiap hari memulai hari dengan konsumsi kopi, ada baiknya membatasi karena dapat meningkatkan risiko naiknya asam lambung.

Meski banyak perdebatan mengenai hal ini, namun kopi terbukti meningkatkan durasi terjadinya kenaikan asam lambung di tiap jeda waktu makan.

4. Mengunyah Permen Karet
Siapa sangka, mengunyah permen karet bisa mengurangi tingkat asam di kerongkongan. Terlebih, jika permen karetnya mengandung bicarbonate.

Logikanya adalah ketika seseorang mengunyah permen karet, produksi air liur akan meningkat dan mengencerkan asam di kerongkongan.

5. Hindari Bawang Mentah
Banyak studi yang menunjukkan bahwa mengunyah bawang merah yang masih mentah dapat menimbulkan gas di perut karena kandungan fibernya.

Tak hanya itu, bawang merah mentah juga dapat menimbulkan iritasi di kerongkongan. Konsekuensinya, heartburn bisa jadi terasa lebih menyiksa.

BERITA TERKAIT