test

News

Sabtu, 11 September 2021 08:40 WIB

Satgas Covid-19 Minta Pemerintah Daerah Jamin Stok Vaksin

Editor: Hadi Ismanto

Pusat Riset Biologi Molekuler Eijkman-BRIN segera uji klinis Vaksin Merah Putih. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 terus mendorong upaya proaktif dari pemerintah pusat maupun daerah untuk mempercepat upaya vaksinasi Covid-19.

Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyampaikan pemerintah perlu memastikan jumlah stok vaksin mencukupi, khususnya di tiap kabupaten dan kota.

“Untuk segera melakukan percepatan vaksinasi, perlu adanya upaya proaktif antara keduanya, pusat dan daerah untuk menjamin keberadaan stok vaksin mencukupi, khususnya di tiap kabupaten kota,” ungkap Wiku saat konferensi pers virtual, Jumat (10/9/201).

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito. (Foto: PMJ News/Setpres).
Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito. (Foto: PMJ News/Setpres).

Ia menegaskan, saat ini, pemerintah terus berupaya memperbanyak stok vaksin untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi di berbagai daerah di Indonesia melalui berbagai skema.

Wiku pun berharap, para bupati dan wali kota aktif berkoordinasi dengan gubernur setempat yang menjadi penerima pertama stok vaksin dari pusat.

"Gubernur pun mampu menjadi perpanjangan tangan pimpinan daerah wilayah administratif di bawahnya untuk mengadvokasikan kebutuhan dosis vaksin di daerahnya," tuturnya.

Wiku mengataakan, kondisi saat ini juga akan menjadi masukan bagi Kemenkes untuk melakukan perbaikan mekanisme, distribusi, dan logistik vaksin.

Berdasarkan data Satgas per 10 September, sebanyak 71.175.259 masyarakat telah menerima vaksinasi dosis pertama, sedangkan sebanyak 40.867.993 masyarakat menerima vaksinasi dosis kedua.

BERITA TERKAIT