test

Kesehatan

Jumat, 10 September 2021 10:20 WIB

Studi: Kurang Tidur Bisa Sebabkan Kolesterol Tinggi

Editor: Hadi Ismanto

Sebuah studi terbaru mengungkapkan kurang tidur mengakibatkan kadar kolesterol meningkat. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Sebuah studi terbaru mengungkapkan terlalu banyak tidur atau kurang tidur mengakibatkan kadar kolesterol meningkat dan resiko kondisi kesehatan lainnya.

Seperti dilansir laman Express, Jumat (10/9/2021), dalam penelitian yang diterbitkan oleh Sleep para peneliti menemukan bahwa terlalu banyak dan terlalu sedikit tidur memiliki dampak negatif pada tingkat lipid seseorang.

Penelitian ini memeriksa 1.666 pria dan 2.329 wanita di atas usia 20. Menariknya mereka menemukan fakta tidur kurang dari 5 jam di malam hari meningkatkan risiko trigliserida tinggi dan kadar HDL rendah pada wanita.

Selain itu, tidur lebih dari delapan jam menghasilkan hasil yang serupa. Dalam studi lain yang diterbitkan di National Library of Health, durasi tidur dan kebiasaan mendengkur dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi penyakit kardiovaskular diteliti.

Peserta studi adalah bagian dari skrining penyakit kardiovaskular dan program penjangkauan pendidikan di New York City. Peserta secara sistematis dinilai untuk risiko CVD (termasuk faktor risiko tradisional, gaya hidup, dan psikososial) dan menyelesaikan kuesioner standar mengenai kebiasaan tidur (termasuk durasi tidur dan mendengkur).

Lipid dianalisis dengan hubungan antara kebiasaan tidur peserta dan faktor risiko penyakit kardiovaskular atau faktor demografi dinilai menggunakan regresi logistik multivariabel.

Studi ini menemukan bahwa tidur kurang dari 6 jam per malam secara signifikan mempengaruhi kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL-C). Mendengkur secara signifikan terkait dengan kolesterol lipoprotein densitas tinggi rendah.

Disimpulkan kurang tidur telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular (CVD) dan semua penyebab kematian.

BERITA TERKAIT