test

Kesehatan

Selasa, 31 Maret 2020 08:07 WIB

Ini Cara Membuat Hand Sanitizer Sesuai Anjuran WHO

Editor: Ferro Maulana

Menjaga kebersihan tangan merupakan cara tepat untuk mencegah virus corona (Foto: Ilustrasi/PMJ News/Hdi)

PMJ - Pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan panduan kepada masyarakat dalam membuat penyanitasi tangan (atau hand sanitizer) yang sesuai dengan anjuran Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Sejauh ini BPOM memang belum merilis hand sanitizer apa yang dimaksud. Namun, Ketua Tim Pakar Gugur Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito memaparkan BPOM sudah mengeluarkan edaran cara membuat penyanitasi tangan (hand sanitizer) yang sesuai dengan anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Dalam rangka pencegahan Covid-19, penggunaan antiseptik seperti 'hand sanitizer' bisa digunakan tetapi tidak berlebihan agar tidak menimbulkan iritasi kulit," ujarnya, di Jakarta, Senin (30/03/2020).

Adapun, pembuatan hand sanitizer ini sesuai dengan standar WHO dan surat edaran Sestama nomor KP.11.01.2.83.03.20.14 tentang Pembuatan Hand Sanitizer dalam Upaya Mencegah Virus Corona.

Wiku menyebutkan bahwa bahan-bahan untuk membuat hand sanitizer sesuai dengan edaran BPOM yaitu etanol 96 persen, gliserol 98 persen, hidrogen peroksida tiga persen, dan air steril atau aquades.

Di samping harus bijak dan aman dalam menggunakan penyanitasi tangan agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit, kandungan bahan baku yang mudah terbakar juga harus diwaspadai.

"Hati-hati terhadap kandungan bahan yang mudah terbakar. Terutama terhadap orang yang merokok atau bekerja di dapur," ujarnya menambahkan.

Wiku melanjutkan, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir masih menjadi cara paling ampuh untuk membunuh virus. Bila tidak terdapat sabun, penyanitasi tangan bisa digunakan.

Masih dari penjelasannya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 telah mengoptimalkan upaya pencegahan penyebaran virus corona penyebab Covid-19 melalui berbagai langkah.

"Di antaranya adalah dengan menganjurkan kampanye mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer dan langsung mandi setelah beraktivitas di luar rumah," pungkasnya. (FER).

BERITA TERKAIT