Kesehatan

Sabtu, 4 April 2020 22:00 WIB

Awas, Begini Efek Buruk Jika Tidak Makan Sebelum Tidur

Editor: Hadi Ismanto

Ada baiknya kita makan sebelum tidur dengan porsi sedikit (Foto: Dok PMJ)

PMJ - Kebanyakan orang berfikir tidak makan malam dapat membantu menurunkan berat badan. Padahal mengganti porsi makan penuh kamu dengan camilan sehat dalam porsi yang lebih kecil itu lebih disarankan.

Seperti dilansir laman Brightside, Sabtu (4/4/2020), sebuah penelitian telah membuktikan sebaliknya dan malah menemukan efek buruk dari tidur dengan perut lapar. Berikut sejumlah efek yang ditimbulkan.

1. Kehilangan massa otot

Menurut spesialis gizi, bagi mereka yang tengah berusaha menambah massa otot, kelaparan adalah pilihan yang salah. Kamu mungkin bisa melewatkan makan malam, tapi tubuh butuh nutrisi untuk mengubah protein menjadi otot.

2. Berat badan malah naik

Studi yang mempromosikan penurunan berat badan dengan tidak makan sebelum tidur masih kontroversial. Jadi, sisi negatifnya adalah jika melewatkan makan malam, kamu pun merasakan rasa lapar tak tertahankan pada tengah malam.

Akan tetapi, tak berarti Anda harus makan porsi besar sebelum tidur. Sebaliknya, makan 2-3 jam sebelum tidur adalah hal yang diperbolehkan, asalkan itu makanan sehat.

3. Sulit tidur atau tidur tak nyenyak

Kita mungkin pernah mengalami tidur lapar. Ini merupakan kondisi saat perut kamu keroncongan di malam hari. Jadi jika ingin tidur nyenyak, jangan membuat diri kamu kelaparan di malam hari. Sebaiknya coba makan timur dan air daripada makan makanan berat.

4. Bisa kehilangan energi Dianjurkan untuk makan di malam hari dengan porsi sedikit. Para peneliti telah memperhatikan bahwa banyak efek samping kelaparan yang membahayakan seperti depresi dan kelelahan.(Hdi)

BERITA TERKAIT