test

Kesehatan

Rabu, 8 April 2020 09:04 WIB

Penting, Rutin Berolahraga Bisa Tangkal Corona

Editor: Hadi Ismanto

Olahraga juga bisa berdampak buruk jika dilakukan secara berlebihan. (Foto: Ilustrasi/PMJ News/Fif).

PMJ - Tak dipungkiri bahwa olahraga memiliki manfaat bagi kebugaran tubuh. Para pakar kesehatan menyebut berolahraga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi diri dari serangan virus, salah satunya COVID-19.

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa olahraga bisa memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Karena itu, latihan fisik rutin dalam intensitas sedang bisa memberikan efek positif dengan mengurangi kerentanan kita terhadap infeksi.

Kendati begitu, Anda perlu mengetahui berapa banyak dan lamanya durasi latihan fisik yang disarankan sebelum keluar lingkungan rumah untuk olahraga. Karena, olahraga yang tidak seimbang juga buruk bagi kesehatan tubuh.

Seperti dilansir laman The Sun, Rabu (8/4/2020), seorang Ahli Nutrisi Senior di Pharma Nord UK, Frankie Brogan menyebut secara khusus tingkat olahraga yang benar, bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang membantu melawan patogen penyebab penyakit.

"Olahraga teratur adalah cara terbaik untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Karena olahraga membantu mendukung sirkulasi darah dengan baik. Kondisi ini memungkinkan sel-sel kekebalan tubuh melakukan fungsinya dengan baik," jelasnya.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Sprots Medicine, orang yang olahraga lima hari atau lebih dalam seminggu memiiki risiko 46 persen lebih kecil terserang virus flu atau pernapasan. Berbeda dengan yang berolahraga seminggu sekali.

Meski demikian, orang yang lebih bugar juga bisa terinfeksi virus corona Covid-19. Tetapi, gejalanya tidak terlalu parah dan mereka akan sembuh lebih cepat.(Hdi)

BERITA TERKAIT