Kesehatan

Jumat, 17 April 2020 09:04 WIB

Begini Siasati Rasa Malas Seusai Bangun Tidur Selama WFH

Editor: Hadi Ismanto

Mulai harimu dengan angun tidur lebih awal (Foto: Ilustrasi/PMJ News/FIF).

PMJ - Selama menjalani work from home (WFH), sebagian pekerja justru mengalami kesulitan untuk bangun pagi. Bahkan banyak yang merasa malas dan tidak segar ketika bangun pagi, sehingga sulit untuk memulai aktivitas dan bekerja.

Seorang ahli ilmu tidur dari Sleet Behaviour and Environment Expert, James Wilson menyebut ada beberapa alasan yang membuat orang-orang sulit bangun pagi dan merasa lesu di pagi hari selama WFH.

(Kecemasan dan stres akibat pandemi Covid-19) ini mempengaruhi tidur kita," ujar Wilson seperti dilansir laman Mirror, Jumat (17/4/2020).

Menurut Wilson, perasaan cemas dan stres ini dapat menurunkan kualitas tidur seseorang meski dia tidur selama delapan jam atau lebih. Mengalami mimpi yang nyata atau jelas selama tidur dapat menjadi pertanda bahwa kualitas tidur terganggu.

"Bisa dilihat dari semakin banyaknya orang yang melaporkan bahwa mereka mengalami mimpi yang jelas," tuturnya.

Wilson menjelaskan, perasaan lesu di pagi hari meski sudah mendapatkan tidur yang cukup bisa disebabkan oleh kurangnya aktivitas fisik. Selama pandemi Covid-19 dan penerapan WFH, aktivitas fisik yang dilakukan pekerja cenderung menurun dibandingkan biasanya.

Oleh karena itu, Wilson menganjurkan agar pekerja yang melakukan WFH tetap beraktivitas fisik. Beberapa contoh aktivitas fisik sederhana yang bisa dilakukan adalah berjalan kaki, berlari atau bersepeda.

"Mendapatkan banyak cahaya alami di pagi hari dapat membantu kita merasa lebih siap," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT