News

Selasa, 17 Agustus 2021 08:45 WIB

Menko Luhut Minta Pemda Bangun Pusat Isolasi Bagi Ibu Hamil

Editor: Hadi Ismanto

Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan meminta pemerintah daerah segera membangun tempat isolasi terpusat khusus ibu hamil yang terinfeksi Covid-19.

Pernyataan tersebut disampaikan Menko Luhut dalam konferensi pers secara virtual terkait perpanjangan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Pemerintah pusat mendorong pemerintah daerah segera membuat pusat-pusat isolasi khusus ibu hamil, karena ini sangat penting. Kami lihat kemarin di Batu (Malang) sudah jalan," ungkap Luhut, Senin (16/8/2021).

Selain menyediakan pusat isolasi bagi ibu hamil, Luhut juga menekankan prioritas vaksinasi dan penyediaan fasilitas RS rujukan untuk ibu hamil yang terkonfirmasi positif. Hal itu dilakukan untuk menekan angka kematian pada ibu hamil.

Pada kesempatan itu, Luhut mengatakan dalam mengendalikan pandemi pemerintah mengedepankan tiga pilar. Pilar tersebut adalah peningkatan cakupan vaksinasi secara cepat, penerapan 3T, dan kepatuhan 3M terutama soal penggunaan masker yang baik.

"Dalam menangani pandemi ini, pemerintah mengedepankan masalah kehatian-hatian dengan baik. Jangan sampai perbaikan yang sudah kita capai susah payah kemudian akan kembali menjadi sia-sia," jelasnya.

Untuk itu, Luhut mengimbau dan mengajak masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 agar dapat masuk ke dalam pusat-pusat isolasi yang telah terjamin obat-obatan, tenaga kesehatan, dan makanannya.

BERITA TERKAIT