test

News

Jumat, 13 Agustus 2021 09:07 WIB

Kemenkes Mulai Distribusikan Vaksin Moderna Bagi Masyarakat Umum

Editor: Hadi Ismanto

Kemenkes pastikan Moderna akan diberikan ke masyarakat umum. (Foto: PMJ News/The Conversation).

PMJ NEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mulai mendistribusikan vaksin Covid-19 jenis Moderna ke seluruh provinsi di Indonesia. Vaksin berbasis mRNA ini nantinya akan disuntikkan kepada masyarakat umum.

"Vaksin Moderna yang dialokasikan pada pekan kedua Agustus 2021 ini untuk memenuhi kebutuhan dua dosis sekaligus," ujar Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, Kamis (12/8/2021).

Vaksin Moderna tersebut, kata Nadia, diberikan sebanyak dua dosis kepada peserta vaksinasi dengan interval selama empat pekan dari dosis pertama. Indonesia hingga saat ini telah menerima hibah vaksin Moderna dari Covax Facility sebanyak total 8 juta dosis.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi. (Foto: Dok Net)
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi. (Foto: Dok Net)

Sebanyak 3 juta dosis di antaranya telah dialokasikan untuk 1,4 juta tenaga kesehatan sebagai booster. Sementara 5 juta dosis sisanya dalam proses distribusi ke seluruh daerah untuk dialokasikan bagi masyarakat umum.

Menurut Nadia, vaksin Covid-19 Moderna diberikan kepada peserta yang belum pernah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

"Vaksin Covid-19 Moderna diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal sebagaimana dimaksud dalam 'factsheet' vaksin Covid-19 Moderna," katanya.

Vaksin dan logistik, lanjut Nadia, distribusikan ke dinas kesehatan provinsi masing-masing, untuk selanjutnya dapat berkoordinasi dalam rangka pendistribusian vaksin Covid-19 menuju kota/kabupaten sesuai ketentuan yang berlaku.

"Kami sampaikan permohonan kepada Pemda untuk memfasilitasi pelayanan vaksinasi Covid-19 Moderna bagi masyarakat, sehingga penanggulangan pandemi Covid-19 melalui intervensi vaksinasi dapat berjalan dengan baik," tukasnya.

BERITA TERKAIT