test

Kesehatan

Selasa, 28 April 2020 09:25 WIB

Masyarakat Bisa Gunakan Aplikasi Telemedicine Untuk Hindari ke Rumah Sakit

Editor: Fitriawan Ginting

Achmad Yurianto tak lagi menjadi Jubir Covid-19. (Foto : PMJ/Dok BNPB).

PMJ- Pemerintah menyiapkan platform telemedicine yang bisa dugunakan masyarakat luas untuk berobat dan menghindari diri berkunjung ke rumah sakit (RS) untuk sementara waktu di tengah situasi pandemi Corona ini.

Hal itu disampaikan langsung oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto. Hal ini penting agar masyarakat tidak melakukan pengobatan di rumah sakit, demi mengantisipasi diri dari penularan virus tersebut. Achmad Yurianto menghimbau agar masyarakat melakukan konsultasi ke dokter dengan aplikasi telemedicine tersebut.

"Kita menggunakan layanan telemedicine dalam kaitan dengan melaksanakan konsultasi medis,” pintas Achmad dalam keterangan persnya, Senin (27/4/2020).

Saat ini ada sekitar 12 perusahaan platform telemedicine di Indonesia. Ia mengatakan, 12 perusahaan ini sudah tergabung kedalam keanggotaan Indonesian Telemedicine Association (ITA).

"Oleh karena itu kita berharap masyarakat tidak perlu keluar rumah, tidak perlu datang ke rumah sakit untuk sekedar berkonsultasi kepada dokter," saran Achmad.

Hingga kini sebanyak 300 ribu lebih masyarakat Indonesia telah memanfaatkan platform telemedicine selama situasi virus Corona.

"Inilah yang kita harapkan dari hari ke hari akan terus meningkat sehingga kita bisa lebih memudahkan dalam kaitan layanan konsultasi medis," papar Achmad. (Gtg-03).

BERITA TERKAIT