test

Kesehatan

Minggu, 1 Agustus 2021 11:05 WIB

Tanpa Disadari, 5 Gejala Ini Jadi Indikator Seseorang Terinfeksi Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Lima cara mudah demam dapat diturunkan dalam semalam. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Saat ini banyak masyarakat yang terinfeksi Covid-19 namun tidak menyadarinya karena tidak memiliki gejala yang berarti. Kondisi inilah yang cukup memperihatinkan, karena berpotensi menularkan kepada orang lain tanpa disadari.

Seorang dokter ahli Jantung dari London, dr Dominic Pimenta mengatakan masyarakat hanya mengetahui gejala khas Covid-19 umumnya sepeti demam tinggi, dan batuk kering. Tetapi saat ini banyak pasien, memiliki gejala sangat ringan atau tidak sama sekali.


"Ketika gejala benar-benar terjadi, demam dan batuk muncul pada sekitar 50 persen dan 60 persen pasien," ujar dr Dominic seperti dilansir dari laman Daily Star, Sabtu (31/7/2021).

Berikut adalah beberapa gejala yang bisa menjadi indikator bahwa seseorang telah terinfeksi Covid-19 tanpa menyadarinya.

1. Kelelahan
Jika seseorang merasakan kelelahan selama sekitar satu minggu, dan hampir tidak dapat mengingat apa yang terjadi selama periode waktu itu, maka kemungkinan terinfeksi Covid-19. Lebih dari 60 persen orang menggambarkan kelelahan salah satu gejala Covid-19.

2. Sakit Tenggorokan
Seseorang bisa mengalami serak apabila mengalami kelelahan atau flu biasa. Tetapi gejala ini juga menjadi salah satu tanda seseorang terinfeksi Covid-19. Lebih dari setengah populasi (52,2 persen), sakit tenggorokan adalah salah satu gejala yang mereka rasakan.

3. Kehilangan Indera Penciuman dan Rasa
Banyak orang yang mengeluhkan bahwa mereka telah kehilangan semua indra perasa dan penciuman . Ini adalah salah satu tanda peringatan utama bahwa seseorang terinfeksi Covid-19, dan harus dites serta melakukan isolasi secara ketat.

4. Pusing
Pusing bisa menjadi indikator seseorang terinfeksi Covid-19. Sebanyak 70% orang yang didiagnosis dengan Covid-19 telah melaporkan bahwa mereka mengalami sakit kepala saat mereka sakit.

5. Masalah Pencernaan
Salah satu gejala yang juga berkaitan dengan infeksi Covid-19 adalah diare dan muntah. Sebanyak 4% masyarakat yang terinfeksi Covid-19 melaporkan perihal masalah pencernaan ini tanpa diikuti dengan tanda-tanda lain seperti batuk, sesak napas dan suhu tinggi.

BERITA TERKAIT