test

News

Kamis, 29 Juli 2021 13:50 WIB

Jokowi Dorong BMKG Berikan Layanan Informasi Kebencanaan yang Akurat

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Joko Widodo. (Foto: Instagram Jokowi)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjadi rujukan dalam pengambilan keputusan di berbagai sektor, khususnya dalam merancang kebijakan dan pembangunan.

"Informasi dari BMKG seperti kekeringan, cuaca ekstrem, gempa dan kualitas udara harus menjadi perhatian dan acuan bagi berbagai sektor dalam merancang kebijakan dan pembangunan," pinta Jokowi di acara Rakorbangnas BMKG, Kamis (29/7/2021).

Dia menambahkan, kebijakan yang diambil pemerintah pusat maupun daerah seharusnya lebih sensitif dan antisipatif terhadap kerawanan bencana. Karenanya, BMKG dan kementerian/lembaga serta pemerintah daerah harus memperkuat sinergi dan kolaborasi.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga mendorong BMKG memberikan layanan informasi kebencanaan yang akurat serta dapat diperoleh dengan cepat dan mudah. Hal ini untuk mempermudah kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam merancang sebuah kebijakan.

"Sehingga informasi dan data dari BMKG tersebut bisa digunakan oleh kementerian/lembaga serta pemda dalam merancang kebijakan dan merencanakan pembangunan," tuturnya.

Jokowi mengatakan, saat ini jumlah kejadian bencana seperti banjir, banjir bandang hingga tanah longsor di Indonesia meningkat signifikan setiap tahunnya. Bahkan, Indonesia juga mengalami multibencana dalam waktu bersamaan.

Menyikapi kondisi ini, Jokowi mengingatkan manajemen penanganan harus meningkatkan ketangguhan dalam menghadapi bencana. Tak hanya itu, Indonesia juga harus meningkatkan mitigasi untuk mengurangi risiko korban jiwa akibat bencana.

"Menguatkan manajemen penanganan bencana dan meningkatkan kemampuan untuk mengantisipasi dan memitigasi bencana untuk mengurangi risiko korban jiwa, kerusakan dan kerugian harta benda," terangnya.

BERITA TERKAIT