Kesehatan

Kamis, 29 Juli 2021 10:05 WIB

Ibu Menyusui Boleh Disuntik Vaksin Covid-19, Ini Syaratnya

Editor: Hadi Ismanto

Ibu yang menyusui kini boleh mendapatkan vaksinasi Covid-19. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Mendapatkan vaksin Covid-19 merupakan upaya melindungi diri dari penyebaran virus Corona. Apalagi dengan munculnya varian virus baru yang sifatnya lebih mudah menular, seperti varian Delta.

Pemerintah pun menjamin vaksin Covid-19 aman untuk ibu menyusui. Pernyataan tersebut sudah tercantum dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/I/368/2021, tanggal 11 Februari 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

Kendati begitu, tidak sedikit masyarakat meragukan apakah vaksin Covid-19 aman untuk ibu menyusui. Pakar nutrisi UNICEF Indonesia Ninik Sukotjo mengatakan, ibu yang menyusui bisa dan aman untuk disuntikkan vaksin Covid-19.

“Karena, vaksin Covid-19 yang disuntikkan bukan merupakan virus hidup. Jadi, secara biologis dan klinis, tidak menimbulkan risiko bagi bayi atau anak yang menyusu,” jelas Ninik dalam sebuah webinar, Rabu (28/7/2021).

Selain itu, lanjut Nanik, sebuah studi juga mengungkap bahwa antibodi ibu yang sudah divaksinasi akan dialirkan lewat air susu ibu (ASI) kepada bayi yang disusuinya.

"Jadi perlu sekali dukungan dari tenaga kesehatan, keluarga, dan masyarakat agar si ibu bisa terus menyusui setelah vaksinasi. Penting juga mengedukasi para ibu untuk tahu bahwa vaksinasi untuk ibu menyusui itu aman,” jelas Ninik.

Sebelum mendapatkan vaksinasi Covid-19, pastikan syarat-syarat berikut ini terpenuhi:

1. Suhu tubuh ibu menyusui di bawah 37,5 derajat celcius
2. Sang ibu tidak demam atau batuk selama 7 hari terakhir
3. Tidak kontak dengan pengidap Covid-19 dalam waktu 14 hari terakhir
4. Tekanan darah ibu di bawah 180/110 mmHg
5. Memenuhi syarat sesuai skrining riwayat kesehatan.

BERITA TERKAIT