test

Politik

Rabu, 28 Juli 2021 14:50 WIB

Ketua DPR: ASN dan Pegawai Pemerintah Harus Punya Jiwa Melayani

Editor: Ferro Maulana

Ketua DPR RI, puan maharani saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News/Istimewa).

PMJ NEWS - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani mengimbau employer branding yang diluncurkan Presiden RI Joko Widodo untuk aparatur sipil negara (ASN) menjadi era baru pelayanan publik.

"Tak mudah membangun ASN dan pegawai pemerintah yang mempunyai jiwa melayani,” terang Puan dalam siaran persnya kepada wartawan, Rabu (28/7/2021).

“Namun hal itu harus terus didobrak. Biarpun perlahan tetapi harus terus dilakukan dan diupayakan," tegas Puan.

Masih dari keterangan Puan, perubahan yang dilakukan bisa dimulai dari hal sederhana. Sambutan yang ramah dan layanan yang memudahkan contohnya.

"Jangan mempersulit yang bisa dipermudah, termasuk soal layanan birokrasi," ujarnya menambahkan.

Puan mendukung pula seruan Presiden untuk para ASN terus berupaya meningkatkan kapasitas, kompetensi, dan kemampuan beradaptasi.

"Pelayanan yang baik harus dimulai dari pemahaman dan kemampuan yang baik dari yang memberikan layanan. Pelayanan harus pula kreatif dan mengedepankan antisipasi, pencegahan,” tuturnya.

“Itu semua hanya bisa dilakukan saat ASN berinteraksi langsung dengan masyarakat, melihat persoalan di lapangan dan berupaya menjadi bagian dari solusi," katanya lagi.

Terkait kolaborasi, Puan berpendapat, penanganan Covid-19 merupakan momentum untuk menjalin dan mewujudkannya.

Tak hanya antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, kolaborasi juga harus dapat dilakukan ASN dengan kalangan masyarakat sipil, pengusaha, dan pegiat-pegiat di lapangan.

"Apapun yang paling optimal menjadi solusi dan yang memudahkan rakyat, lakukanlah dengan akuntabel, dikerjakan oleh orang-orang kompeten, dan berkolaborasilah," jelas Puan.

Adapun sesama ASN dan dengan masyarakat luas, menurut Puan, harmonisasi juga harus menjadi hal yang diupayakan bersama.

Perbedaan pendapat harus mendapatkan titik tengah dan solusi yang pada akhirnya berorientasi pada pelayanan publik.

"ASN adalah wajah pemerintah di pelayanan masyarakat. Jadilah wajah yang solutif, ramah, dan memberi kemudahan dalam pelayanan," pungkasnya.

BERITA TERKAIT