Kesehatan

Senin, 19 Juli 2021 10:05 WIB

5 Cara Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona Varian Delta

Editor: Hadi Ismanto

Tetap jaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penularan Covid-19. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hdi).

PMJ NEWS - Saat ini virus Corona varian Delta menjadi salah satu penyebab kembali tingginya lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Pasalnya, virus jenis ini lebih cepat menular dan berkembang biak di dalam tubuh manusia.

Dari beberapa laporan kasus, tercatat bahwa penderita Covid-19 varian Delta juga lebih berisiko membutuhkan perawatan di rumah sakit atau mengalami gejala yang berat.

Dengan mengetahui cepatnya penyebaran virus Corona varian delta ini, Anda disarankan untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan melakukan langkah-langkah pencegahannya.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (19/7/2021), berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan berbagai varian virus Corona.

1. Disiplin Memakai Masker
Mengenakan masker ketika sedang keluar rumah merupakan salah satu cara mencegah penularan virus Corona. Saat ini bahkan penggunaannya dianjurkan dengan masker ganda.

Cara memakai masker dobel adalah dengan menggunakan masker bedah sebagai lapisan pertama, kemudian dilapisi dengan masker kain di bagian luar. Pemakaian masker dobel dapat memberikan perlindungan terhadap paparan virus hingga 96,4 persen.

2. Membatasi Mobilitas
Melakukan kegiatan dari rumah, seperti work from home dan school from home, merupakan salah satu cara untuk mencegah kerumunan orang dan meminimalkan penyebaran virus Corona.

Untuk memperoleh berbagai kebutuhan sehari-hari tanpa harus keluar rumah, ada banyak layanan online yang bisa Anda gunakan.

3. Jaga Jarak
Jika memang Anda perlu keluar rumah, pastikan untuk selalu menerapkan physical distancing, yaitu menjaga jarak aman minimal 1 meter dengan orang lain.

Anda juga disarankan untuk membatasi kontak langsung, misalnya dengan tidak berjabat tangan atau merangkul.

4. Rajin mencuci tangan
Mencuci tangan merupakan cara yang paling sederhana dan efektif dalam mencegah penyebaran Covid-19. Rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun setidaknya selama 20 detik dianjurkan sebelum dan setelah beraktivitas.

5. Melakukan Vaksinasi
Vaksin Covid-19 dapat memberikan perlindungan terhadap beragam varian virus Corona. Vaksin ini akan membantu tubuh untuk membentuk antibodi dan meningkatkan kemampuannya dalam melawan virus Corona.

Jadi, jalanilah vaksinasi sesuai anjuran pemerintah. Bila Anda sudah menerima vaksin dosis pertama, jangan menunda jadwal pemberian vaksin dosis kedua. Tujuannya adalah untuk menurunkan risiko terpapar Covid-19 dan mengalami gejala yang berat.

BERITA TERKAIT