News

Jumat, 25 Juni 2021 11:20 WIB

Perhatian! Masjid Istiqlal Tidak Gelar Ibadah Sholat Jumat Hingga 5 Juli

Editor: Ferro Maulana

Masjid Istiqlal. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS - Pihak pengelola Masjid Istiqlal Jakarta Pusat mengumumkan tidak menggelar ibadah sholat Jumat terhitung mulai hari ini Jumat (25/6/2021) sampai pekan depan.

Wakil Ketua Bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal Abu Hurairah menerangkan, keputusan tersebut diambil untuk menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) No 14 Tahun 2021 serta Keputusan Gubernur DKI Jakarta No 796 tahun 2021.

"Masjid Istiqlal tidak menyelenggarakan sholat rawatib dan sholat Jumat untuk umum. Hingga tanggal 5 Juli," terang Abu kepada wartawan, Jumat (25/6/2021).

Sementara itu, Kepala Kantor Masjid Agung Al Azhar Iding menuturkan, pihaknya masih menyelenggarakan Sholat Jumat tetapi hanya untuk kapasitas 25 persen dari gedung utama.

Di samping itu, ia menyebut, prokes juga akan diterapkan secara ketat. Antara lain, setiap jemaah di pintu gerbang diukur suhu tubuhnya. Dan, pihaknya juga menyediakan sabun untuk mencuci tangan di beberapa titik.

"Jemaah harus bawa sajadah sendiri. Jarak satu meter. Satu meter itu kalau normal bisa empat orang, sekarang hanya diisi oleh satu orang," ungkap Iding.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menerangkan kegiatan Sholat Jumat mulai hari ini ditiadakan di wilayah zona merah. Hal itu menyusul lonjakan kasus positif harian di wilayah Jakarta.

BERITA TERKAIT