News

Jumat, 11 Juni 2021 19:05 WIB

Cegah Lonjakan Covid-19, Ketua Satgas Tinjau RS Lapangan Indrapura Surabaya

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Yeni Lestari

Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Ganip Warsito melakukan peninjauan ke Rumah Sakit Lapangan Kogabwilhan II Indrapura, Surabaya

PMJ NEWS - Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Ganip Warsito melakukan peninjauan ke Rumah Sakit Lapangan Kogabwilhan II Indrapura, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (11/6/2021).

Peninjauan dilakukan untuk memastikan kesiapan sarana prasarana dan tim dalam mengantisipasi lonjakan kasus di wilayah Jawa Timur, khususnya di Kota Surabaya dan Kabupaten Bangkalan, Madura.

“Untuk memastikan kesiapan RS Lapangan dalam menghadapi lonjakan kasus aktif Covid-19 yang ada di Jawa Timur khususnya Surabaya atas lonjakan yang terjadi di Bangkalan,” ungkap Ganip.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Ganip Warsito. (Foto : PMJ News/Tim Komunikasi Satgas Covid-19).
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Ganip Warsito. (Foto : PMJ News/Tim Komunikasi Satgas Covid-19).



Selain mengecek kesiapan RS, Ganip juga memantau penyekatan di beberapa wilayah Jawa Timur. Dalam hal ini, tim lintas sektor bersama dengan relawan, TNI-Polri juga turut disiagakan untuk mengawasi penyekatan jalur.

Tak hanya itu, sejumlah tokoh masyarakat Jawa Timur juga turut dilibatkan dalam mencegah lonjakan kasus aktif Covid-19. Nantinya, para tokoh masyarakat akan memberikan pemahaman serta literasi kepada masyarakat mengenai perubahan perilaku mengikuti protokol kesehatan.

Ia juga menegaskan, pandemi Covid-19 bukan hanya masalah kesehatan tapi juga menjadi masalah yang berimbas pada aspek ekonomi, sosial, politik, hukum serta keamanan negara.

“Karenanya, pengendalian terhadap Covid-19 harus kita tingkatkan dan lakukan bersama-sama,” tukasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan data dari Satgas Jawa Timur, per tanggal 11 Juni 2020 RS Lapangan Indrapura telah menangani 7.723 pasien reaktif Covid-19, yang mana sekitar 7.157 orang telah sembuh dan sebanyak 266 pasien masih menjalani perawatan serta satu orang meninggal dunia.

Adapun terkait ketersediaan tempat tidur di RS Lapangan Indrapura mencapai 266 pasien dari jumlah total sebanyak 400 tempat tidur.

BERITA TERKAIT