Kesehatan

Jumat, 11 Juni 2021 10:05 WIB

5 Kebiasaan yang Bisa Turunkan Berat Badan

Editor: Hadi Ismanto

Asupan makanan bisa mempengaruhi berat badan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Setiap orang, terutama perempuan tentu mendambakan berat badan proporsional. Mereka bahkan berjuang menepuh berbagai cara agar dapat menurunkan berat badan tubuhnya.

Sejatinya, mengurangi beberapa kilogram berat badan tidak harus mengubah total pola makan dan gaya hidup. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (11/6/2021), berikut lima kebiasaan sederhana yang bisa menurunkan berat badan.

1. Makan Teratur
Sebagaimana dilansir WebMD, makan teratur membantu Anda mencegah makan secara berlebihan. Untuk itu, cari tahu frekuensi makan yang paling berhasil dan patuhi itu.

2. Cukupi Asupan Air
Memulai pagi Anda dengan satu atau dua gelas air adalah cara mudah untuk meningkatkan penurunan berat badan. Air dapat membantu meningkatkan pengeluaran energi Anda, atau jumlah kalori yang dibakar tubuh Anda, setidaknya selama 60 menit.

Menurut Healthline, air juga dapat mengurangi nafsu makan dan asupan makanan pada beberapa individu.

3. Olahraga di Pagi Hari
Melakukan beberapa aktivitas fisik di pagi hari dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan. Satu studi pada 50 wanita yang kelebihan berat badan mengukur efek latihan aerobik pada waktu yang berbeda dalam sehari.

Berolahraga di pagi hari dikaitkan dengan tingkat rasa kenyang yang lebih tinggi. Berolahraga di pagi hari juga dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil sepanjang hari.

4. Jangan Lakukan Kegiatan Lain Saat Makan
Mungkin sulit untuk fokus pada makan ketika ada pekerjaan yang harus dilakukan dan Instagram untuk diperiksa. Namun, makan saat Anda terganggu dapat menyebabkan secara tidak sengaja mengambil lebih dari yang Anda butuhkan.

Makanan yang dimakan dari bungkusan dan sambil berdiri juga bisa jadi tak terkendali. Anda dapat berakhir makan lebih banyak daripada jika Anda duduk dan secara sadar menikmatinya.

Cobalah untuk makan secara perlahan, kunyah setiap gigitan, dan nikmati rasa makanannya.

5. Tidur Lebih Lama
Tidur sedikit lebih awal atau menyetel jam alarm Anda lebih lambat untuk tidur lebih lama dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa kurang tidur dapat dikaitkan dengan peningkatan nafsu makan

Satu studi kecil menemukan bahwa pembatasan tidur meningkatkan rasa lapar dan mengidam, terutama untuk makanan tinggi karbohidrat dan berkalori tinggi. Kurang tidur juga dikaitkan dengan peningkatan asupan kalori.

BERITA TERKAIT