test

Olahraga

Rabu, 30 Oktober 2019 10:25 WIB

Ini Waktu Terbaik untuk Olahraga Pagi

Editor: Redaksi

Olahraga pagi. (Foto: Dok Net)

PMJ – Peneliti dari Universitas Bath dan Universitas Birmingham, Inggris menunjukkan lebih lanjut bahwa olahraga pagi sebelum sarapan merupakan waktu yang terbaik untuk kesehatan tubuh.

Studi para peneliti Inggris tersebut yang dipublikasikan di Jurnal Clinical Endocrinology and Metabolism menguji bagaimana efek kepada lemak otot dan respon insulin dari berolahraga sebelum dan sesudah sarapan.

Dr Javier Gonzales bersama timnya melakukan eksperimen yang berlangsung selama 6 minggu dan melibatkan 30 pria yang dikategorikan berat badan berlebih ataupun obesitas serta dibagi menjadi kelompok berdasarkan gaya hidup dan waktu olahraga pada pagi hari.

"Hasil kami menunjukkan bahwa mengubah waktu ketika anda makan dalam kaitannya dengan ketika anda berolahraga dapat membawa perubahan besar dan positif bagi kesehatan anda secara keseluruhan," tutur Dr. Gonzalez, dari Departemen Kesehatan Universitas Bath.

Penelitian tersebut menemukan bahwa partisipan yang berolahraga sebelum sarapan membakar dua kali lebih banyak lemak daripada orang-orang yang berolahraga setelah sarapan.

Menurutnya, hal tersebut dapat dijelaskan dengan suatu alasan bahwa ketika tubuh berpuasa semalaman hingga pagi hari, kadar insulin juga lebih rendah ketika berolahraga, sehingga menggunakan lebih banyak lemak ketika bergerak.

"Yang terpenting, meskipun (penemuan) ini tidak memiliki efek pada penurunan berat badan, alasan (itu) secara dramatis meningkatkan kesehatan mereka (partisipan) secara keseluruhan," jelas Dr. Gonzalez. (DEW/ FER)

BERITA TERKAIT