test

Olahraga

Selasa, 10 Desember 2019 22:14 WIB

Ditekuk Vietnam, Indonesia Gagal Raih Emas Sepakbola

Editor: Redaksi

Timnas Indonesia gagal meraih emas Sea Games 2019 setelah kalah 0-3 dari Vietnam (Foto: Ist)

PMJ - Timnas Indonesia U-22 gagal meraih emas Sea Games 2019. Pasukan Indra Sjafri menelan kekalahan 0-3 dari Vietnam pada laga final, di Stadion Rizal Memorial, Selasa (10/12/2019) malam WIB.

Berlangsung dengan tempo tinggi, dua gol Vietnam disumbangkan Doan Van Hau dan satu lagi dicetak Do Hung Dung. Sementara, Andy Setyo dan kawan-kawan belum bisa merobek gawang Nguyen van Toan.

Di babak pertama sejatinya Indonesia mengembangkan permainan menyerang. Aliran bola dari kaki ke kaki para punggawa Garuda muda ini sempat merepotkan pertahanan lawan. Namun pertahanan Vietnam masih cukup kokoh.

Indonesia sempat mendapat peluang enam menit keenam. Pasukan Merah Putih mendapat hadiah tendangan bebas di luar kotak penalti. Eksekusi Zulfiandi mengarah tepat ke gawang, tapi bisa ditepis oleh kiper Vietnam.

Setelah momen tersebut, Vietnam justru bangkit dan secara perlahan mulai membangun serangan-serangan yang memaksa para Indonesia bertahan di sekitar area kotak penalti.

Vietnam akhirnya mampu unggul pada menit ke-40. Doan Van Hau menjebol gawang Nadeo dengan sundulan dari jarak dekat, memanfaatkan tendangan bebas Do Hung Dung dari kanan kotak penalti. 0-1 Indonesia tertinggal hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Indra Sjafri melakukan pergantian pemain. Witan ditarik keluar dan digantikan dengan Egy Maulana. Permainan Indonesia pun membaik.

Pasukan Merah Putih kembali mencoba menekan Vietnam yang terpaksa sedikit bermain lebih ke belakang. Kendati begitu, Garuda Muda masih belum bisa menemukan celah untuk membobol gawang lawan.

Petaka kembali terjadi pada menit ke-59, Vietnam bisa kembali mencetak gol. Kapten Do Hung Dung menjebol gawang Nadeo dengan tendangan terarah dari luar kotak penalti.

Menyisakan waktu kurang dari 20 menit, Indonesia justru kebobolan ketika tengah asyik menyerang. Doan Van Hau mencetak gol dengan memanfaatkan umpan tendangan bebas menyambut bola tepisan Nadeo.

Tak patah semangat, anak asuh Indra Sjafri terus berusaha mencetak gol balasan. Sayangnya, mereka tak bisa membobol gawang Vietnam. Timnas Indonesia U-22 pun takluk 0-3 dan harus puas dengan raihan perak di cabang Sepak Bola.(Hdi)

BERITA TERKAIT