test

Olahraga

Senin, 16 Desember 2019 20:47 WIB

Kenapa Mayoritas Tim Liga Champions Hindari Real Madrid?

Editor: Ferro Maulana

Skuad Real Madrid. (Foto: Dok Net).

PMJ – Klub Real Madrid sukses melaju ke babak 16 besar Liga Champions Eropa dengan status sebagai runner-up grup. Namun demikian, Los Blancos dikabarkan menjadi tim yang paling dihindari di fase knockout.

Ya, Madrid mengunci satu slot di babak 16 besar Liga Champions setelah memenangkan tiga dari enam laga yang dijalani di fase grup. Adapun tiga pertandingan sisanya dua kali berakhir imbang dan sekali kalah. Hasil ini menempatkan Madrid di bawah Paris Saint-Germain (PSG) yang kokoh di puncak klasemen dengan 16 poin.

Rencananya, undian babak 16 besar Liga Champions bakal dilangsungkan di markas besar UEFA, Nyon, Swiss, Senin (16/12/2019) malam WIB. Jelang drawing tersebut, Madrid disebut oleh media Spanyol Marca menjadi klub yang paling dihindari oleh tim-tim lain dalam duel dua leg babak 16 besar.

Dengan statusnya sebagai runner-up grup A, Madrid bakal berstatus non unggulan dalam pengundian nanti malam. Alhasil, pasukan besutan Zinedine Zidane berpeluang menghadapi juara dari grup lain seperti Bayern Munchen, Manchester City, Juventus dan Liverpool, minus Barcelona dan Valencia karena berasal dari tim satu negara.

Walaupun tidak impresif di fase grup, tetapi Marca menyebut Madrid tetap perlu diwaspadai di Liga Champions musim ini. Alasannya tim asal ibukota Spanyol tersebut memiliki rapor yang ciamik jika bermain di Liga Champions Eropa, termasuk menjadi tim dengan torehan gelar terbanyak sepanjang sejarah dengan 13 trofi.

Di samping itu, musim ini jadi penampilan ke-17 Madrid secara beruntun di babak 16 besar. Dari catatan apik itu, Madrid mampu sembilan kali meraih kemenangan agregat. Tak hanya itu, dalam 10 musim terakhir, Madrid hanya dua kali gagal masuk jauh hingga babak semifinal, tepatnya pada musim 2009/2010 dan 2018/2019 kemarin.

Sementara empat musim antara lain berujung dengan keluar sebagai juara. Yaitu 2013/2014 dan 2015/2016 hingga 2017/2018. Dan sebagai tim non unggulan, Madrid akan lebih dulu jadi tuan rumah leg pertama babak 16 besar Liga Champions. (FER).

BERITA TERKAIT