test

News

Minggu, 9 Mei 2021 21:27 WIB

Kapolri-Panglima TNI Tinjau Laju Kendaraan di Tol Penjagaan Brebes

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Yeni Lestari

Kapolri bersama stakeholder terkait meninjau pos penjagaan Tol Brebes. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Dalam rangka pengamanan Operasi Ketupat Candi 2021, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan peninjauan di Gerbang Tol (GT) Pos Penjagaan Brebes, Jawa Tengah, Minggu (9/5/2021).

Peninjauan ini untuk mengecek dan memantau kesiapan pospam di wilayah tersebut. Selain Kapolri dan Panglima TNI, turut serta dalam peninjauan ini, Menteri Perhubungan dan Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Dijelaskan Kapolri, operasi Ketupat Jaya 2021 tahun ini lebih diperketat. Langkah ini dimaksudkan untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Kapolri bersama stakeholder terkait meninjau pos penjagaan Tol Brebes. (Foto: PMJ News).
Kapolri bersama stakeholder terkait meninjau pos penjagaan Tol Brebes. (Foto: PMJ News).

"Dalam kegiatan ini, kita turut meninjau beberapa titik pos penyekatan. Termasuk dengan mengecek jumlah laju kendaraan yang masuk tiap daerah dan berapa yang sudah dilakukan putarbalikan," ungkap Sigit dalam keterangannya, Minggu (9/5/2021).

Menurut Sigit, sudah banyak kendaraan yang diminta untuk putarbalik. Berdasarkan data dari Jawa Tengah berjumlah 10 ribu dan Jawa Timur ada 2-3 ribu kendaraan diputarbalik.

"Jumlah pemudik di tahun ini pun menurun menjadi 18 persen. Kemudian dengan adanya imbauan terkait larangan mudik, turun lagi hingga 11 persen. Ini tentu merupakan hasil yang positif," terangnya.

"Dan data ini pun akan terus kita jaga sampai dengan akhir Lebaran dan seterusnya," imbuh Sigit.

Di sisi lain, Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan penyekatan yang dilakukan oleh Polri bersama dengan stakeholder terkait khususnya di wilayah Jawa Tengah sudah sangat bagus dan tertata dengan baik.

"Alhamdullilah kesadaran masyarakat suda dapat tertata, dan juga dapat memahami anjuran pemerintah dengan larangan mudik," ujar Puan.

Sementara Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi kembali mengingatkan agar masyarakat maupun pihak-pihak yang terlibat tidak lengah dan tetap waspada terkait dengan dampak Covid-19 di Indonesia.

"Kita tentunya berikan apresiasi terdalam untuk TNI-Polri yang sudah melakukan tugasnya dengan baik melalui penyekatan jelang Lebaran 2021 ini, sehingga penyebaran Covid-19 bisa turun hingga 5 persen," ujar Budi.

BERITA TERKAIT