test

Olahraga

Rabu, 25 Desember 2019 11:03 WIB

Bocor! Ini Strategi Shin-Tae Yong Dalam Arsiteki Timnas Indonesia

Editor: Ferro Maulana

Pelatih Shin-Tae Yong. (Foto: Dok Net)

PMJ – Timnas Indonesia siap memiliki pelatih baru. Ya, pelatih Garuda tersebut bernama Shin-Tae Yong asal Korea Selatan.

Shin Tae Yong sendiri punya julukan Tinkerman sejak menukangi Timnas senior Korea Selatan periode 2017 hingga 2018. Setahun membesut pasukan Taeguk Warriors, Tae Yong tercatat tujuh kali merubah taktik dari 21 laga yang dilakoni.

Dari jumlah sebanyak itu, terdapat sembilan pertandingan yang dilalui Tae-Yong dengan mengusung pola 4-4-2. Belum puas dengan itu, pelatih berusia 50 tahun tersebut kemudian menjajal pola 4-3-3 dan 4-2-3-1 masing-masing tiga kali dalam enam laga berikutnya.

Ketika Timnas Korsel bermain di Piala Dunia 2018, Tae-Yong tercatat menggunakan skema 3-4-2-1 dan 3-4-3 masing-masing dua kali, dan pola 5-4-1 serta 3-5-2 masing-masing sebanyak satu kali.

Bila benar adanya Tae-Yong bakal membesut Timnas, bisa jadi Tae-Yong tidak bakal lagi jadi Tinkerman. Alasannya, pola 4-4-2 diklaim cocok dengan pemain-pemain Indonesia, yang mana pola ini banyak memusatkan serangan kepada winger.

Dan, skuad Merah Putih di segala kelompok umur punya sederet winger dengan kecepatan mumpuni dan handal dalam melakukan tusukan ke area pertahanan lawan. Sebut saja diantaranya, Saddil Ramdani, Osvaldo Haay, Egy Maulana Vikri, Febri Hariyadi, dan Andik Vermansyah.

Meski begitu, terlepas dari formasi apa yang bakal diterapkan Tae-Yong nanti, harapannya Timnas Indonesia tetap bisa meraih hasil optimal di bawah arahannya. (FER).

BERITA TERKAIT