test

News

Selasa, 11 Mei 2021 07:07 WIB

Agar Dapat Banyak Pahala, Yuk Ikuti Sunnah Nabi Sebelum Sholat Ied

Editor: Ferro Maulana

Menambah pahala sebelum Hari Raya Idul Fitri

PMJ NEWS -  Hari Raya Idul Fitri diperkirakan jatuh pada Kamis (13/5/2021) bertepatan dengan tahun 1442 Hijriah.

Rencananya, sidang isbat untuk penentuan awal bulan Syawal 1441 Hijriah dilaksanakan hari ini Selasa (11/5/2021). Adapun sidang isbat ini digelar pada hari ke-29 bulan Ramadhan.

Saat sidang isbat berlangsung, umat muslim di seluruh dunia bakal menentukan tanggal pasti melaksanakan Lebaran Idul Fitri.

Sebelum melaksanakan sholat Ied, yuk ketauhui apa saja sunnah-sunnah yang bisa diikuti agar mendapat pahala lebih besar.

Sunnah-sunnah sebelum sholat Ied:

Takbiran

Sunnah sebelum sholat Idul Fitri yang pertama adalah takbiran.

Melansir dari buku Bekal Ramadhan dan Idul Fitri (6): Idul Fitri oleh Muhammad Saiyid Mahadhir, pada malam hari raya, umat muslim sudah boleh melakukan takbiran dengan meninggikan suara.

Karena saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, maka takbiran bisa dilakukan di dalam masjid saja atau di dalam rumah. Dianjurkan tidak berkerumun serta memakai masker agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

Adapun tujuan dari takbiran ini adalah sebagai isyarat bahwa Ramadhan telah usai.

Isi Malam Idul Fitri dengan Ibadah

Maksud dari hal ini adalah, bukan karena Ramadhan telah berakhir, maka ibadah yang dibangun selama bulan tersebut juga telah usai.

Jadi, pada malam Idul Fitri, kita tetap perlu mengisinya dengan berbagai ibadah seperti berzikir, salat berjamaah, tahajud, dan sebagainya.

Mandi dan Pakai Pakaian yang Terbaik

Sebelum berangkat untuk menunaikan salat Ied, disunnahkan agar umat muslim mandi terlebih dahulu.

Di Lebaran 2021 ini, walaupun kita tidak bisa menunaikan sholat Idul Fitri seperti biasanya, kita tetap disunnahkan untuk mandi dan mengenakan pakaian terbaik sebelum salat Idul Fitri.

Sebuah hadist dari Ibnu Abbas menyebutkan: atinya: Rasulullah SAW biasa mandi pada Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Pakai Parfum

Selain mandi dan mengenakan pakaian bagus, disunnahkan pula untuk memakai parfum. Nabi sangat menyukai sesuatu yang bersih, indah dan wangi.

Apalagi, ketika menunaikan sholat Idul Fitri, akan ada orang lain juga. Tidak nyaman jika berbau kurang sedap.

Makan Sebelum Sholat

Dalam buku berjudul Praktek Sholat Ied yang ditulis oleh Galih Maulana, kita disunnahkan untuk makan terlebih dulu sebelum menunaikan sholat Idul Fitri.

Untuk makanannya sendiri sebetulnya terserah, hanya saja yang disunnahkan adalah makan kurma dalam jumlah yang ganjil. Hal ini berbeda dari sholat Idul Adha yang justru disunnahkan untuk tidak makan sebelum menunaikan sholat Idul Adha.

Berangkat Pagi

Meskipun perlu mandi, berpakaian bagus, dan berdandan yang baik sebelum berangkat salat Ied, disunnahkan agar umat muslim tidak berangkat mepet atau terlalu siang.

Hendaknya, setelah salat subuh segera bersiap-siap sehingga dapat berangkat salat Ied tanpa terburu-buru atau bahkan terlambat.

BERITA TERKAIT