test

Kesehatan

Jumat, 7 Mei 2021 10:05 WIB

5 Makanan dan Minuman yang Wajib Dihindari Saat Sahur

Editor: Hadi Ismanto

Makan sahur bersama. (Foto: PMJ News/ Ilustrasi).

PMJ NEWS - Selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan, asupan makanan sahur menjadi hal terpenting. Pasalnya, orang yang berpuasa membutuhkan energi untuk beraktivitas karena makan dan minum tidak diperbolehkan di siang hari.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (7/5/2021), berikut beberapa makanan yang harus Anda hindari saat makan sahur.

1. Makanan Tinggi Garam
Garam tidak hanya dapat meningkatkan tekanan darah Anda, tetapi juga dapat membuat Anda merasa sangat haus di siang hari. Makanan asin yang umum disantap saat sahur antara lain mie instan, keripik, keju asin dan acar.

2. Makanan Berlemak
Lemak sangat penting dalam makanan kita, tetapi kita sering mengonsumsi jenis lemak yang salah dan dalam jumlah yang sangat besar. Makanan yang digoreng sangat populer saat sahur di antaranya gorengan, keju, mentega dan daging olahan.

Makanan ini menyebabkan mulas, memperparah refluks asam dan peradangan serta memiliki kalori dalam jumlah yang sangat besar, sehingga tidak jarang orang bertambah berat badan selama Ramadan.

3. Kandungan Gula Tinggi
Ramadan identik dengan berbagai kuliner khasnya yang memiliki citarasa manis. Anda dapat mengonsumsinya saat buka puasa, tetapi tidak disarankan untuk sahur.

Ini karena makanan yang mengandung gula sederhana melepaskan energi dengan sangat cepat dan dalam waktu singkat. Mereka juga dengan cepat meningkatkan kadar gula darah Anda menyebabkan pelepasan insulin yang besar yang membuat Anda merasa lelah.

4. Makanan Pedas
Bagi penggemar makanan pedas sebaiknya bisa dikurangi santapan pedas saat sahur. Sebab,mengonsumsi makanan pedas saat sahurakan membuat perut tidak nyaman karena produksi asam lambung meningkat.

Selain itu, makanan pedas juga menyebabkan sakit perut, mules, bahkan diare. Jika sampai menyebabkan diare, tubuh kamu akan mengalami dehidrasi karena kehilangan banyak cairan.

5. Kopi
Bagi pecinta kopi, mereka tak bisa lepas dari nikmatnya minuman bercita rasa pahit ini. Setidaknya, mereka harus mengonsumsi kopi satu cangkir per hari. Namun, saat puasa sebaiknya mereka mengurangi untuk mengonsumsi kopi.

Jika terbiasa mengonsumsi kopi saat sarapan, sebaiknya jangan lakukan saat sahur tiba. Karena kopi mengandung kafein yang buruk bagi kesehatan tubuh selama puasa.

BERITA TERKAIT