test

Kesehatan

Rabu, 5 Mei 2021 10:05 WIB

5 Tips Menjalankan Puasa Meski Lupa Makan Sahur

Editor: Hadi Ismanto

Tidur setalah makan sahur berbahaya bagi kesehatan tubuh. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Untuk menjalankan ibadah puasa wajib di bulan Ramadhan, biasanya diawali dengan makan sahur di penghujung malam atau dini hari. Namun, terkadang seseorang bisa melewatkannya.

Menurut beberapa ulama, meski tidak makan sahur umat Islam tetap dapat menjalankan puasa. Seperti dirangkum dari berbabai sumber, Rabu (5/5/2021), berikut sejumlah tips agar puasa tetap lancar.

1. Tetap Tenang
Terkadang timbul penyesalan tidak makan sahur, karena harus menjalani puasa seharian harus dilalui tanpa asupan apa pun.

Tetapi jangan kondisi ini berlanjut lama, sebab energi bisa habis sia-sia. Mood seharian bisa rusak dan mengganggu produktivitas. Coba untuk tarik napas mendalam dan embuskan perlahan untuk menenangkan pikiran.

2. Rencamakan Aktivitas
Sebaiknya buat rencana aktivitas harian. Dikutip dari Metro UK, hal ini akan membantu Anda menghemat waktu dan tenaga serta tidak mengerjakan hal-hal yang bukan jadi prioritas.

3. Perbanyak Doa dan Ibadah
Bulan suci Ramadan mengajak umat Islam untuk memperbanyak doa dan ibadah. Saat memiliki waktu luang, isi dengan ibadah. Jam istirahat makan siang diisi dengan membaca Alquran, zikir dan doa selepas salat.

Ibadah pun bisa berwujud sedekah, itikaf di masjid dengan protokol kesehatan ketat, maupun menunaikan ibadah salat sunah. Lupa sahur pun bakal teralihkan dengan fokus ibadah.

4. Luangkan Waktu Istirahat
Terkadang untuk mengalihkan mengalihkannya rasa haus dan lapar dengan melakukan aktivitas lain dan berusaha menyelesaikan semua hal sekaligus. Namun hal itu dinilai tidak baik, jadi tak ada salahnya meluangkan waktu untuk istirahat.

5. Tidur Siang
Kapan waktu terberat saat berpuasa? Sebagian besar dipastikan menjawab siang menjelang sore. Di momen ini, coba untuk tidur siang sejenak selama 15-20 menit.

Tidur siang akan cukup mengisi ulang energi, menenangkan saraf, meningkatkan semangat dan konsentrasi, juga mengurangi risiko serangan jantung.

BERITA TERKAIT