Kesehatan

Senin, 3 Mei 2021 10:05 WIB

5 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat Selama Berpuasa

Editor: Hadi Ismanto

Berpuasa di bulan Ramadhan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

PMJ NEWS - Berpuasa di bulan Ramadhan menjadi salah satu ibadah wajib bagi umat Muslim. Selain sebagai ajang mendulang amal ibadah, puasa sejatinya juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (5/4/2021), berikut beberapa tips sehat agar puasa yang kita jalankan lebih sehat dan tidak mengganggu kesehatan Anda.

1. Makan Dengan Porsi Normal
Setelah berpuasa seharian, kerap orang berbuka dengan makan yang banyak. Padahal, makan yang berlebihan saat berbuka puasa bisa membuat perut kita terasa penuh dan bahkan malah bikin kita sakit.

Menurut dr. Magdi Mohamed dari RS Burjeel Abu Dhabi, makan berlebihan saat buka puasa bisa bikin perut kita kram, diare dan terkena gangguan gastroentritis lho. Ini karena perut kita dipaksa langsung bekerja keras setelah beristirahat seharian.

2. Batasi Makanan Manis
Suka makan dessert dan cemilan yang manis-manis. Pada saat puasa kita sebaiknya membatasi konsumsi makanan manis favorit. Ketika kita makan makanan manis terlalu banyak saat puasa, gula darah kita bisa naik menjadi terlalu tinggi dan malah berdampak buruk.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis saat puasa juga bisa bikin tubuh kita lemas di siang hari. Efek gula hanya memberikan energi yang banyak dalam waktu singkat dan setelah itu. Kita akan merasa lemas, pusing, ngantuk dan mempengaruhi mood.

3. Perbanyak Minum Air Putih
Ketika puasa saat cuaca sedang panas, tantangan terbesar kita adalah untuk menahan rasa haus. Kalau kita menahan haus dengan cara yang salah, tubuh kita bisa mengalami dehidrasi, kulit kering, bahkan jika parah bisa bikin kita mengalami gangguan ginjal.

Nah, supaya ibadah puasa kita nggak terhalang sakit karena dehidrasi, ada rumus yang bisa kita gunakan untuk mengatur frekuensi dan jumlah air yang kita minum supaya puasa kita tetap sehat lho.

4. Makan Buah dan Sayur
ebaiknya makan buah-buahan dan sayur-sayuran saat sahur dan berbuka puasa. Buah dan sayur umumnya mengandung serat yang tinggi dan bisa bikin kita merasa kenyang dengan kalori yang lebih sedikit.

Selain itu, buah dan sayur juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah penyakit sehingga bikin kita lebih sehat selama bulan puasa.

5. Minum Vitamin
Ketika menjalankan ibadah puasa, sebaiknya minum vitamin yang sekarang mudah ditemukan untuk membantu tubuh kita agar tetap fit. Multivitamin memiliki manfaatnya sendiri untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Selain itu, tablet vitamin juga biasanya mengandung tambahan mineral seperti kalsium yang menyehatkan tulang, magnesium yang membuat tubuh lebih rileks, dan antioksidan untuk mencegah berbagai penyakit.

BERITA TERKAIT