Kesehatan

Minggu, 2 Mei 2021 11:04 WIB

Kenali, Ini Empat Tanda Menu Sahur Kurang Sehat

Editor: Hadi Ismanto

Asupan makanan saat sahur mempengearuhi kondisi tubuh saat berpuasa. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Sejatinya tidak sulit menjaga tubuh tetap sehat dan bugar selama berpuasa. Salah satunya seseorang harus memenuhi nutrisi saat sahur, hal ini dianjutkan agar tidak lemas.

Menu sahur yang baik adalah menu yang penuh gizi. Dengan makanan gizi seimbang, seseorang akan bisa menjalankan ibadah puasa seharian dengan bugar.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (2/5/2021), berikut beberapa tanda jika menu sahur kamu kurang nutrisi.

1. Merasa lapar seharian
Menu sahur yang tepat tidak akan membuat Anda lapar seharian. Karena tubuh sudah cukup memperoleh asupan nutrisi, perut tidak akan memberikan sinyal lapar.

2. Sering mengantuk
Rasa kantuk biasanya disertai rasa lemas atau badan kurang segar. Hal ini bisa saja terjadi jika sahur terlalu banyak asupan karbohidrat dan terlalu banyak minum air.

Sebaiknya konsumsi karbohidrat secukupnya dan pilih jenis karbohidrat kompleks seperti kentang, nasi merah, atau oatmeal. Jenis karbohidrat ini lebih lama dicerna tubuh sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama.

3. Kalap saat berbuka puasa
Saat puasa sudah tepat secara nutrisi, Anda tidak akan kalap saat berbuka. Berbuka umumnya dengan takjil yang memiliki porsi kecil dan rasanya manis.

4. Dehidrasi Berlebihan
Bukan hanya makan, kurangnya asupan cairan bisa membuat tubuh lemas saat sedang berpuasa. Artinya, kamu harus memenuhi asupan cairan tubuh sebanyak 8 gelas setiap hari.

Kamu bisa membaginya menjadi 2 gelas saat berbuka, 4 gelas setelah ibadah tarawih hingga menjelang tidur malam, dan 2 gelas saat sahur. Ingat, jangan minum kopi dan soda selama sahur dan berbuka, karena ini akan membuat kamu lebih cepat haus.

BERITA TERKAIT