test

Politik

Jumat, 18 September 2020 11:30 WIB

Jangan Buang Makanan! 19,6 Juta Penduduk Indonesia Masih Kekurangan Gizi

Editor: Ferro Maulana

Presiden Jokowi. (Foto: PMJ/Instagram @jokowi).

PMJ - Presiden RI Joko Widodo mengimbau masyarakat khususnya generasi milenial untuk menerapkan budaya tidak membuang makanan (food waste). Imbauan ini berkaitan dengan data dari Kementerian Pertanian bahwa sebanyak 19,6 juta penduduk Indonesia masih kekurangan gizi.

“Dalam mewujudkan ketahanan pangan ada hal yang perlu dipertimbangkan sebagai acuan kita. Terutama atas peringatan FAO (Food and Agriculture Organization) tentang ancaman krisis pangan,” terang Presiden Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/9/2020).

Berdasarkan data yang ada, sampah makanan di Indonesia per tahun mencapai 1- 3 juta ton atau per orang menghasilkan 300 kilogram sampah makanan. Bila dirupiahkan, maka setiap 1,3 juta ton sampah makanan menghasilkan Rp27 triliun.

Presiden Jokowi. (Foto: PMJ/ Instagram Jokowi).

Ironisnya, 19,6 juta penduduk Indonesia masih kekurangan gizi. Jika dikonsumsi, Rp27 triliun itu dapat memberi makan 28 juta orang per tahunnya.

Sementara, Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian, Kuntoro Boga Andri menjelaskan kampanye menghindari ‘Food Waste’ selalu didengungkan Kementan, sehingga ajakan Presiden ini akan terus diperkuat di tengah masyarakat.

Kuntoro melanjutkan, bahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo kerap kali menekankan generasi muda harus dipahamkan proses pengolahan pangan dari awal, hingga tersaji di meja makan.

Dengan demikian, pembangunan ketahanan pangan yang berlandaskan pola pangan sehat untuk generasi muda yang hebat dapat diwujudkan, termasuk mendukung cita-cita pembangunan nasional.

“Kami harapkan generasi milenial dapat juga paham, bahwa begitu panjang waktu kerja keras petani dalam memenuhi pangan, dan masih banyak masyarakat kita yang butuh pangan layak,” tutur Kuntoro.

“Jadi, mari tinggalkan kebiasaan menyia-nyiakan dan membuang makanan, kita jangan food waste,” pungkasnya.(Fer)

BERITA TERKAIT