test

News

Jumat, 16 April 2021 14:20 WIB

Ketua Satgas: Vaksinasi Bukan Jaminan Kasus Covid-19 Turun

Editor: Hadi Ismanto

Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Covid-19, Letjen TNI (Foto: PMJ News/Youtube BNPB).

PMJ NEWS - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo menyebut saat ini kasus aktif secara nasional menurun. Hal ini tentu lebih baik dari kasus global yang menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengalami kenaikan.

Dari data WHO, beberapa negara di dunia bahkan mengalami peningkatan kasus akhir-akhir ini, meskipun beberapa negara tersebut sudah melaksanakan program vaksinasi bagi masyarakatnya.

"Kasus kita secara nasional sudah sangat baik sekarang, sementara di negara lain mengalami peningkatan yang luar biasa. Angka kematiannya tinggi, kasus aktif hariannya juga sangat tinggi, padahal banyak negara yang sudah vaksin," jelas Doni dalam keterangannya, Jumat (16/4/2021).

Sedangkan untuk data nasional, kata Doni, kasus mengalami penurunan sebesar 14,2% pada pekan ini. Kemudian untuk kasus kematian juga turun 17,6%, namun angka kesembuhan juga menurun 3,5% dibanding pekan sebelumnya.

Berkaca dari hal itu, Doni mengingatkan vaksinasi bukan jaminan seseorang tidak terpapar Covid-19. Vaksin berhubungan dengan daya tahan dan kekebalan tubuh seseorang.

"Vaksin tidak menjadi jaminan bahwa kasus Covid-19 akan berkurang. Tapi vaksin bisa membantu membuat orang menjadi lebih tahan terhadap Covid-19," tukasnya.

BERITA TERKAIT