News

Jumat, 16 April 2021 08:08 WIB

Begini Cara Vaksinasi Covid-19 yang Benar di Bulan Ramadhan

Editor: Ferro Maulana

Vaksinasi Covid-19 tahap pertama. (Foto:: PMJ News).

PMJ NEWS -  Ahli patologi dari Universitas Sebelas Maret Solo Dr Tonang Dwi Ardyanto memberikan tips vaksinasi Covid-19 di bulan suci Ramadhan.

Dokter Tonang menjelaskan, vaksinasi merupakan bagian dari ikhtiar untuk menghadapi Covid-19. Karena itu, dirinya mengajak masyarakat agar vaksinasi diniatkan dengan baik. Sehingga, kita membantu mengatasi pandemi Covid-19.  

Ia kembali menerangkan, masyarakat tidak perlu ragu vaksinasi Covid-19 di siang hari ketika menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

“Yang terpenting kita harus yakin bahwa kondisi kita harus fit. Kalau nanti saat puasa sudah waktunya mendapat vaksinasi, istirahat yang cukup dan jangan lupa sahur,” tuturnya kepada wartawan, di Jakarta.

Tak hanya bagi masyarakat yang sehat, untuk warga yang mempunyai penyakit penyerta (komorbid) juga masih bisa melakukan vaksinasi Covid-19 saat puasa.

“Bagi yang memiliki komorbid seperti diabetes, sebetulnya sebelum ada vaksinasi sudah ada petunjuk bagaimana menjalankan puasa sebagai seorang pasien diabetes,” ungkapnya.  

“Prinsipnya tidak perlu takut untuk divaksinasi. Kalau ragu berkonsultasilah dengan dokter saat tiba waktunya divaksinasi,” sambungnya.

Selain vaksinasi, Tonang mengimbau masyarakat juga harus meningkatkan disiplin protokol kesehatan saat beraktivitas di bulan puasa Ramadhan.

“Kita bisa berangkat ke masjid dengan penuh kehati-hatian. Menurut saya ada dua kunci utama menerapkan protokol kesehatan di dalam masjid, yakni disiplin dalam mengenakan masker dan mencuci tangan,” jelasnya.

“Dua protokol kesehatan ini apabila dijalankan sambil berusaha semaksimal mungkin dalam menjaga jarak, manfaatnya sangat besar,” pungkasnya.

 

 

BERITA TERKAIT