test

News

Kamis, 15 April 2021 17:10 WIB

Pemerintah Pastikan Pengembangan Vaksin Merah Putih Tetap Berjalan

Editor: Hadi Ismanto

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito. (Foto: PMJ News/Setpres).

PMJ NEWS - Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito menjamin pengembangan Vaksin Merah Putih tetap berjalan, meskipun Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) sudah dibubarkan.

Bahkan, Wiku menegaskan pemerintah tetap berkomitmen menyelesaikan pembuatan Vaksin Merah Putih karya anak bangsa yang diharapkan mampu menciptakan kemandirian vaksin.

"Pemerintah berkomitmen untuk tetap meneruskan proses pengembangan vaksin merah putih karena vaksin ini tidak hanya menyelesaikan masalah kapasitas vaksin di tingkat nasional tetapi juga global," ungkap Wiku dalam jumpa pers virtual, Kamis (15/4/2021).

"Mengingat hingga kini masih ada 130 negara yang belum terakses vaksin Covid-19 sama sekali," sambungnya

Lebih lanjut Wiku memastikan, sepenuhnya pengembangan Vaksin Merah Putih akan terus mendapatkan dukungan pemerintah sebagai hasil inovasi anak bangsa.

"Pengembangan Vaksin Merah Putih merupakan hasil inovasi anak bangsa dan merupakan aset intelektual negara untuk investasi jangka panjang, dan pengembangan vaksin ini sepenuhnya didukung oleh pemerintah," tegasnya.

Ia menambahkan, pemerintah telah membentuk Konsorsium Vaksin Nasional yang terdiri dari enam lembaga penelitian antara lain Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, LIPI, Institute Teknologi Bandung, Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada dan Universitas Airlangga.

BERITA TERKAIT