test

Kesehatan

Rabu, 14 April 2021 14:50 WIB

Kemenkes: Vaksinasi Covid-19 di Saat Puasa Aman Untuk Kesehatan

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Vaksinasi Covid-19 aman untuk masyarakat. (Foto: Instagram Kemensos).

PMJ NEWS - Bulan Ramadhan, vaksinasi Covid-19 masih terus dilaksanakan oleh pemerintah. Ini dilakukan demi menekan penyebaran virus membahayakan tersebut.

Disampaikan Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi, vaksinasi Covid-19 di bulan puasa tidak akan menurunkan kesehatan seseorang. Hingga kini belum ada penelitian terkait dampak pemberian vaksinasi di kala seseorang sedang berpuasa.

Para ahli juga berpendapat, pemberian vaksin saat puasa tidak berpengaruh buruk terhadap kesehatan. Tubuh disinyalir menjadi lebih sehat, kesehatan pun meningkat.

"Kita tahu hampir semua vaksin Covid-19 semuanya adalah vaksin baru. Banyak juga yang belum kita miliki data terkait apakah sudah ada penelitian yang mendukungnya (puasa dan vaksinasi Covid-19)," terang Nadia di Gedung Kemenkes RI, Jakarta, baru-baru ini.

"Tapi secara umum dari kajian para ahli, proses puasa sebenarnya proses detoksifikasi ya, membersihkan selama ini kotoran-kotoran ataupun zat-zat yang tidak bermanfaat di dalam tubuh kita selama satu bulan. Dari segi kesehatan, puasa adalah salah satu upaya menjaga kesehatan." Sambungnya.

Ditambahkan Nadia, puasa tidak akan mengurangi atau menurunkan kesehatan seseorang. Masyarakat pun diminta tak perlu khawatir tatkala mendapatkan jadwal vaksinasi saat berpuasa Ramadan.

"Tentunya, efek yang sama antara vaksin pada prinsipnya adalah memberikan atau meningkatkan kesehatan kita, ditambah juga dengan puasa. Tujuannya, tidak memengaruhi kesehatan, maka kita tidak perlu khawatir," urai Nadia.

Karena itu, Nadia menyarankan kepada masyarakat yang telah mendapatkan jadwal vaksinasi Covid-19 tetap melakukan skrining. Hindari menilai kondisi kesehatan pribadi.

BERITA TERKAIT