Kesehatan

Selasa, 6 April 2021 09:40 WIB

5 Manfaat Konsumsi Buah Anggur untuk Kesehatan Anak

Editor: Hadi Ismanto

Buah anggur memiliki banyak manfaat kesehatan bagi anak-anak. (Foto: PMJ News/Ilustrasi).

PMJ NEWS - Tak bisa dipungkiri jika buah anggur disukai oleh banyak orang, termasuk anak-anak. Selain rasanya yang menyegarkan, buah anggur kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan buah hati.

Nutrisi yang banyak terdapat di dalam buah anggur antara lain serat, vitamin C, vitamin K, mineral dan sejumlah senyawa aktif yang bisa berperan sebagai antioksidan.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/4/2021), berikut sejumlah manfaat buah anggur untuk kesehatan anak.

1. Menjaga kesehatan mata
Kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin pada buah anggur memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata anak. Dari sebuah penelitian terbukti kedua kandungan tersebut dapat meningkatkan jarak pandang dan ketajaman penglihatan.

2. Melindungi dari infeksi
Buah anggur kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan polifenol yang berperan penting untuk memperkuat sel imun tubuh. Selain itu, buah ini juga mengandung antioksidan resveratrol yang dapat melawan virus maupun bakteri.

3. Meningkatkan kesehatan otak
Resveratrol pada anggur juga diketahui dapat menjaga kesehatan sel saraf pada otak anak dan melindunginya dari kerusakan otak yang mungkin terjadi seiring bertambahnya usia. Fungsi ini juga diketahui bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat, Bun.

4. Mendukung kesehatan sistem cerna
Kandungan serat dan air pada buah anggur bisa membantu melancarkan pergerakan sistem cerna anak, sehingga buang air besar Si Kecil jadi lebih teratur.

Selain itu, antioksidan dalam anggur diketahui dapat mendukung perkembangan bakteri baik dalam usus, yang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan usus Si kecil tapi juga tubuhnya secara keseluruhan.

5. Mendukung pertumbuhan dan kekuatan tulang
Kandungan vitamin K pada buah anggur bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dengan cara menunjang pertumbuhan dan kepadatan tulang.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa mencukupi asupan vitamin K dapat menguatkan tulang dan mengurangi risiko patah tulang.

BERITA TERKAIT