test

Hukrim

Selasa, 23 Maret 2021 11:35 WIB

Jenglot Disita Polisi, Terungkap Motif Ustadz Pengganda Uang di Bekasi

Editor: Ferro Maulana

Sejumlah barang bukti penipuan diamankan Polres Metro Bekasi. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Kepolisian sudah menangkap ustadz atau dukun gondrong bernama Hermawan yang videonya viral di media sosial, yang mampu menggandakan uang. Ternyata, hal itu dilakukan pelaku bertujuan untuk mempromosikan jasanya.

"Kegiatan tersebut dilakukan ntuk mempromosikan yang bersangkutan (pelaku) ini memiliki kesaktian. Tentu untuk menarik pasien-pasien," terang Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan kepada wartawan, Selasa (23/3/2021).

Hendra melanjutkan, kegiatan yang dilakukan ustadz gondrong ini dilaksanakan di kediaman mertuanya yang beralamat di Jalan Veteran Bahagia, Babelan, Bekasi.

Sejumlah barang bukti penipuan diamankan Polres Metro Bekasi. (Foto: PMJ News)
Sejumlah barang bukti penipuan diamankan Polres Metro Bekasi. (Foto: PMJ News)

"Video direkam oleh istrinya dan video dibuat di tempat prakteknya, di rumah mertuanya. Kemudian disaksikan para pasien atau orang yang berkunjung ke rumahnya. Di situ juga ada temannya yang niatannya untuk mempromosikan kehebatan dari H tersebut," ungkapnya.

Polisi Menyita Jenglot

Dalam kasus ini, polisi tak hanya mengamankan tersangka Hermawan, namun juga menyita sejumlah barang bukti yang digunakan untuk menggandakan uang. Salah satunya yakni jenglot yang terlihat dalam video yang viral itu.

"Kami menyita jenglot, barang-barang ini ditaruh di tempat prakteknya. Yang dia bilang punya ini memiliki kemampuan magis, ini dipajang untuk meyakinkan pasiennya bahwa dia sakti mandraguna.," jelasnya menambahkan.

Diberitakan sebelumnya, seorang pria berambut panjang (gondrong) sambil mengenakan kopiah dan memangku anak kecil dalam aksi menggandakan uang disaksikan beberapa orang di sekelilingnya.

Video yang sempat viral di medsos itu terdapat sejumlah barang yang digunakan untuk proses menggandakan uang. Seperti kantong plastik warna hitam serta sejumlah kotak. Saat itu, nampak sedikit keluar asap dari dalam plastik yang digunakannya.

Berikutnya, plastik itu pun digulung dan diduduki. Selanjutnya, ia pun membuka kotak yang sebelumnya diisi sebuah kertas berwarna putih.

BERITA TERKAIT