test

Hukrim

Senin, 28 September 2020 19:04 WIB

300 Tahanan Jalani Tes Swab Covid-19 di Rutan Polda Metro

Editor: Ferro Maulana

300 tahanan menjalani tes swab di Rutan PMJ. (Foto: PMJ News).

PMJ - Sebanyak 300 tahanan menjalani tes swab (swab test) virus Covid-19 di rumah tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya. Para tahanan yang menjalani tes itu merupakan titipan yang akan dilimpahkan ke lembaga pemasyarakatan (lapas).

"Tujuannya pada proses pelimpahan ke lapas. Sebanyak 300 ini tahanan yang berstatus vonis, berstatus A3 dalam proses sudah pindah, karena over kapasitas ini kan sudah 100 persen," terang Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Dirtahti) Polda Metro Jaya, AKBP Rahmat kepada wartawan, hari ini Senin (28/9/2020).

Para tahanan itu merupakan tahanan Kejaksaan Negeri Jakarta Timur, Pusat, Barat, Utara, Selatan tahanan Tahti Polda Metro Jaya dan Polres jajaran wilayah hukum Polda Metro Jaya. Dirinya juga menyebut untuk para tahanan itu sengaja dilakukan swab test, agar hasil yang dipastikan tidak simpang siur.

300 tahanan menjalani tes swab di Rutan PMJ. (Foto: PMJ News).

"Kalau kita rapid-test saja, sampai di sana dibilang positif lalu balik lagi. Padahal dia (tahanan) juga tidak apa-apa, di sana padahal ada tempat isolasi," ujarnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus melanjutkan, seluruh tahanan yang menjalani swab test semuanya negatif.

300 tahanan menjalani tes swab di Rutan PMJ. (Foto: PMJ News).

"Jadi tahanan ini yang sudah tahap dua dan dalam kondisi sidang nanti semuanya akan kita limpahkan ke lembaga pemasyarakatan dalam hal ini kumham setelah kita lakukan swab terpadu. Semuanya dipastikan negatif, kalau memang ada yang positif pastinya akan kita lakukan perawatan lebih jauh,” tandasnya. (Fjr/ Fer).

BERITA TERKAIT